Shannen Doherty Beverly Hills 6 Tahun Berjuang Lawan Kanker: Saya Ingin Hidup 15 Tahun Lagi

0

Yang tumbuh di era 1990an pasti pernah menonton serial Beverly Hills 90210. Ini serial hits remaja di masa itu dan pastinya tahu sosok Shannen Doherty, sang bintang utama. Bagaimana kabar Shannen Doherty sekarang? Bukan kabar yang terlalu baik. Justru sebaliknya, pilu mendengarnya. Tetapi kita bisa memetik semangat dan perjuangannya. Sejak tahun 2015, Shannen Doherty divonis mengidap kanker payudara. Kanker yang diidapnya kini sudah mencapai stadium 4.  

Kalau dulu kita ingat rambutnya yang cokelat gelap lebat tampak berkilau, kini Shannen sudah botak. Habis, termakan imbas radiasi perawatan. Tetapi, Shannen bertahan 6 tahun ini. Bahkan dia mengatakan, mungkin dia pasien kanker payudara stadium 4 yang paling lama bertahan hidup. “Saya merasa memiliki tanggung jawab lebih pada publik, yang mana saya pisahkan dari kehidupan akting saya. Saya punya tanggung jawab untuk mengedukasi orang-orang tentang kanker, menyemangati banyak orang bahwa penderita kanker di stadium 4 bisa hidup dan bisa tetap aktif,” ungkap Shannen, dikutip dari People, September lalu.

Suami Shannen, fotografer Kurt Iswarienko yang dinikahinya pada 2011 silam adalah saksi hidup. Bahwa selama 6 tahun dalam pengobatan, dan terapi, Shannen tak pernah menunjukkan kalau dalam tubuhnya bersarang kanker ganas. Shannen berjuang seperti pejuang yang tak takut mati. “Saya tidak pernah mengeluh padanya. Saya tidak pernah benar-benar membicarakannya. Kalau saya mau bicara, maka hal yang akan saya bicarakan adalah, saya akan hidup, dan saya akan mencari cara agar saya tetap hidup,” bilang Shannen.

Kondisi Shannen Doherty saat berjuang melawan kanker

Shannen  kali pertama didiagnosis kanker pada 2015, dia membeberkannya secara eksklusif kala itu pada majalah People. Kondisinya membaik dua tahun kemudian. Tetapi pada 2020, kenyataan baru yang hadir cukup mengguncang. Kankernya masih aktif, dan Shanner divonis stadium 4. “Saya tidak mau ketika orang mendengar stadium 4, lalu mereka lemas, dan kondisinya jadi lebih menurun. Lalu mereka tidak bisa ngapa-ngapaian,” kata Shannen.

Sakit, ya, sakit. Apalagi ahli Onkologist-nya sudah mengonfirmasi bahwa kanker payudaranya telah menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya, salah satunya hingga ke tulang belakang. Shannen menjalani terapi, dibarengi dengan pengobatan intens. Tetapi kankernya sangat ganas, dan bukan tidak mngkin menyebar hingga ke otak, paru-paru, dan liver. Saat ini, ia merasa kesakitan di tulang belakangnya. “Ya, saya memang tidak mungkin lagi berolahraga. Untuk yang satu ini tidak bisa saya lakukan. Saya tidak punya wishing list yang banyak lagi. Yang saya inginkan saat ini, tetap hidup. Saya ingin hidup 10 sampai 15 tahun lagi.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here