Setelah Jejaknya Lenyap dari Dunia Maya Negeri Tirai Bambu, Vicky Zhao Akhirnya Muncul Kembali

0

Zhao Wei atau biasa dikenal dengan Vicky Zhao, salah satu aktris terkaya di Tiongkok yang dihapus jejaknya dari internet negeri tirai bambu karena alasan yang tidak diketahui bulan lalu, muncul kembali minggu ini dalam foto-foto yang menampilkan kesederhanaan di kampung halamannya, sangat berbeda dengan penampilannya sebagai selebriti yang selalu terlihat glamour.

Pada hari Selasa (15/9), aktris berusia 45 tahun tersebut terlihat di penyedia layanan seluler bersama dengan beberapa orang penduduk setempat di Wuhu, provinsi Anhui, Tiongkok timur.

Foto-foto itu dengan cepat diunggah secara online dan beredar di media sosial yang menunjukkan sang aktris berpakaian santai, mengenakan T-shirt berwana ungu yang longgar, celana pendek hijau dan topi rajutan. Rokok elektronik tergantung di lehernya.

Pada hari Minggu, tangkapan layar dari pesan yang jelas dari Vicky Zhao, menunjukkan ucapan selamat ulang tahun kepada sutradara Queena Li muncul di Weibo. Ketika para detektif internet mencoba mengkonfirmasi kebenaran pesan tersebut, sayangnya sudah tidak bisa ditemukan.

Vicky Zhao adalah salah satu selebriti dengan harta yang begitu besar di Tiongkok, dan kepergiannya yang tiba-tiba menyebabkan spekulasi yang merajalela tentang apa yang bisa memicu penghilangan jejak dirinya dari dunia maya Tiongkok.

Pemerintah tidak menjelaskan mengapa perempuan yang juga menapaki profesi sebagai sutradara tersebut disingkirkan dari kesadaran publik. Namun ada beberapa asumsi yang muncul, diantaranya adalah kepemilikan saham di Alibaba yang pemiliknya dianggap musuh oleh pemerintah Tiongkok, di duga terlibat perdagangan manusia, manipulasi pasar saham dan melakukan penggelapan pajak, seperti rekannya, sesama pemeran dalam Putri Huan Zhu, Fan Bing Bing, yang juga sempat menghilang dan melakukan hal yang sama bahkan lebih parah.

Penyensoran terhadap aktris yang melakukan debutnya perdananya sebagai sutradara lewat film So Young ini terjadi di tengah kampanye yang meluas oleh pihak berwenang untuk menekan “selebriti yang dianggap nakal”.

Baru-baru ini, aktor berkewarganegaraan ganda, Kanada-Tiongkok, Kris Wu juga ditangkap dan didakwa melakukan pelecehan seksual setelah banyak wanita menuduhnya melakukan pemerkosaan saat berkencan.

Selain itu, aktris Zheng Shuang yang memulai debutnya lewat drama Meteor Shower didenda sebesar US$46,1 juta (sekitar Rp 655 miliar) pada akhir Agustus karena menghindari pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here