Sering Merasa Ketakutan? Jangan Khawatir, Ternyata Ada Dampak Positifnya Lho!

0
shock
Sumber foto: Pinterest

Kamu sering merasa ketakutan atau khawatir sebelum melakukan sesuatu yang baru? Kamu selalu merasa was-was berada di tempat baru atau berada di tengah-tengah orang-orang yang belum kamu kenal?

Meskipun perasaan takut atau khawatir berlebihan itu mungkin terasa mengganggu, jangan khawatir, karena hal tersebut justru membawa dampak positif bagi kamu lho!

Kok bisa? Simak yuk apa saja hal baik yang bisa di dapat!

  • Membantu menurunkan berat badan

Rasa takut bisa membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Hal ini karena Ketika kita merasa takut, denyut jantung kita akan bertambah dan kita mengalami kenaikan tingkat adrenalin di dalam tubuh.

Akibatnya, metabolisme kita akan naik dan bekerja lebih cepat, dan membakar gula dan lemak lebih banyak.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berdasarkan penelitian dari Coventry University di Inggris, para relawan diminta untuk menonton film horor dan kemudian diambil sampel darahnya.

Disimpulkan bahwa setelah menonton film horor dan merasa ketakutan, sel-sel darah putih mereka menjadi lebih aktif.

Sel-sel darah putih membantu melawan penyakit dan memperbaiki sel-sel tubuh. Semakin banyak sel darah putih yang aktif, sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

  • Menjadi lebih termotivasi

Ketika kita merasa ketakutan, tubuh akan melepaskan adrenaline dan serotonin, yang bisa membantu otak berfungsi lebih baik dan efisien.

Contohnya, Ketika kamu merasa takut dan khawatir karena melakukan hal-hal baru, kamu akan cenderung lebih focus dan “memaksa” otak untuk bekerja lebih baik.

  • Menambah konsentrasi

Selain melepaskan adrenaline dan serotonine, rasa takut dan khawatir juga melepaskan hormon yang disebut norepinephrine, yang bisa membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi.

Hormon ini juga membantu otak untuk bisa tetap berpikir jernih di situasi berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here