Ingin Healing? Jalan-Jalan ke Gumuk Pasir Parangkusumo Yuk!

0
@sjanesukardi @gumukpasirparangkusumo
source instagram: @sjanesukardi @gumukpasirparangkusumo



Kota Yogyakarta terkenal dengan wisata makanan, Candi, belanja dan lautan lainnya. Namun, nyatanya daerah istimewa tersebut memiliki keindahan wisata lainnya yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Wisata alam ini semakin terkenal dan populer ketika film “Perempuan Berkalung Sorban” mengadakan shooting di gundukan pasir tersebut.

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah wisata alam yang menonjolkan gundukan pasir dekat Pantai Selatan. Gundukan pasir ini terbentuk dengan sendirinya dengan durasi waktu yang lama dan panjang. Pasir yang halus dan berwarna cokelat itu sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke wisata alam ini.

Wisata hits ini cocok untuk Anda jika ingin berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau pun teman. Biasanya Gumuk Pasir ini memberikan sensasi yang berbeda dan pemandangan yang luar biasa dari riuhnya suasana perkotaan.

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusuomo

1. Gunung Pasir

Gunung pasir yang berwarna cokelat ini menampilkan suasana seperti di Gurun Pasir dan hal itu menyebabkan para pengunjung dari berbagi daerah datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Wisata hits ini membentang luas dan lebar sehingga Anda bisa menikmati dari sudut mana saja.

Setiap partikel kecil yang menawan bisa pengunjung nikmati dan rasakan. Pasir yang berada di Parangkusumo ini berbeda dengan pasir yang biasa ditemukan oleh wisatawan. Halus dan tidak berkerikil adalah tekstur dari gunung pasir ini.

2. Taman Bunga

Tidak cuman, menyuguhkan bentangan pasir yang luas dan cantik, pada wisata alam ini juga terdapat taman bunga yang berwarna-warni. Warna dari bunga yang berada di taman itu sebagai ciri khas dari taman yang menawan tersebut.

Jadi, ketika Anda mengunjungi wisata gunung pasir yang cantik itu, tidak hanya difokuskan terhadap satu objek saja. Beberapa objek yang indah juga ditawarkan di tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

3. Panorama Langit Biru dan Berawan

Wisata alam gunung pasir yang luas membuat langit dan sekitarnya akan terlihat. Ketika Anda sebagai pengunjung datang ke tempat rekreasi yang cantik ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama langit berwarna biru serta berawan cerah.

Selain itu, tempat hiburan hits ini dikelilingi oleh pegunungan berwarna hijau. Pemandangan tersebut menambah aksen estetika ketika pengunjung akan memotret pemandangan secara menyeluruh.

4. Dekat dengan Pantai

Jika Anda bosan mengelilingi gunung pasir cokelat ini, tidak perlu cemas karena wisata hits ini dekat dengan tiga pantai yaitu, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu. Ketiga pantai indah itu memiliki aliran yang sama dan dekat dengan tempat rekreasi Gumuk Pasir Parangkusumo.

Di pantai yang cantik itu Anda dapat menikmati udara segar dan air laut yang jernih. Kebersihan dan kejernihan air dari pantai menawan itu tidak usah diragukan lagi. Ombak dan angin sepoi-sepoi yang dihasilkan dari gulungan ombak pantai, akan Anda rasakan dan nikmati sensasinya dengan berbeda.

5. Spot Kekinian

Pada wisata Gumuk Pasir, pengelolanya menyediakan spot atau tempat foto yang kekinian sehingga banyak pengunjung memotret dirinya di tempat kekinian yang cantik tersebut. Spot itu terdiri dari ayunan, papan tulisan dari nama tempat menawan itu dan lainnya.

Aktivitas Seru di Gumuk Pasir Parangkusumo

1. Bermain Sands Boarding

Kegiatan yang paling ditunggu dan dinantikan oleh para wisatawan. Selain menikmati panorama wisata cantik ini, para pengunjung ingin mencoba kekuatan dan adrenaline dirinya sendiri. Pengelola Gumuk Pasir menyediakan permainan papan seluncur untuk pasir cokelat ini, disebut Sands Boarding.

Permainan ini akan dikenakan biaya karena membutuhkan alat dan perlengkapan agar para Anda terhindari dari luka ketika bermain. Perlengkapan itu terdiri dari papan seluncur, helm, pelindung lutut dan siku. Anda bisa menyewa papan seluncur ini seharga Rp. 70.000 sedangkan jika Anda ingin belajar dengan pelatihnya, Anda membutuhkan biaya Rp. 100.000.

2. Panorama Sunset yang Menakjubkan

Para pengunjung juga selalu menunggu senja untuk melihat matahari terbenam atau sering disebut sunset. Sunset ini akan terbenam pada arah Barat gundukan pasir sahara mininya Yogya ini. Momen ini selalu ditunggu oleh para pengunjung. Bagi mereka, pemandangan ini tidak akan bisa terulang kembali.

Wisatawan biasanya sering membawa kamera atau ponsel pintar untuk memotret keindahan matahari terbenam ini. Anda juga bisa memboyong keluarga, sahabat dan rekan kerja Anda untuk menikmati panorama alam ini.

3. Bermain Trail dan ATV

Selain bermain papan di pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo, pengelola juga menyediakan Trail dan ATV. Permainan motor yang kerap kali dimainkan oleh para wisatawan jika mengunjungi tempat rekreasi pasir ini. Untuk bermainnya, Anda harus menyewa Trail dan ATV. Masing-masing dari permainan ini dipungut biaya Rp. 120.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here