Film Merindu Cahaya de Amstel Penuh Tantangan dan Daya Tarik Tersendiri Untuk Ditonton, Hadrah: Banyak Spiritual Journey

Film Merindu Cahaya de Amstel adalah film bertemakan drama religi Indonesia yang diproduksi oleh Unlimited Production yang tengah tayang sejak Kamis, 20 Januari 2022. Film ini diperankan oleh sejumlah bintang ternama yakni Amanda Rawles, Bryan Domani, Rachel Amanda, Oki Setiana Dewi, Dewi Irawan, Ridwan Remin, Rita Nurmaliza hingga Maudy Koesnadi.

Karya drama religi pun disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu dan ditulis skenarionya oleh Benny Setiawan. Diakui oleh Hadrah bahwa selama dirinya menjadi sutradara, genre drama religi merupakan kali pertamanya ia direksi. Biasanya ia mengatur dan mengelola film horor dan drama romantis.

Adanya perbedaan antara genre film horor dan drama religi tersebut, perempuan berusia 32 tahun ini pun mengatakan mempunyai tantangan tersendiri dalam alur dan produksi ceritanya.

Hadrah Daeng Ratu, sutradara Merindu Cahaya de Amstel, film drama religi dalam balutan romansa / foto: Instagram @non_hadrah

“Tantangan sih pasti ada ya. Biasanya kan horor membuat segala sesuatu lebih di luar dari realita sehari-hari. Hayalan, imajinasi, eksploringnya lebih ke arah sana,” ucap Hadrah Daeng Ratu saat diwawancarai pihak Kabar Bintang, Jumat (21/01).

Berbeda dengan film bergenre drama, harus bisa mempunyai referensi yang nyata dan tak bisa dikarang layaknya film horor. Terlebih lagi film Merindu Cahaya de Amstel yang saat ini digarap oleh dirinya.

“Kalau di drama, kita refleksinya kehidupan sehari-hari. Jadi setiap karakter mesti ada reference asli yang memang ada di dunia nyata, kita nggak bisa ngarang gitu. Apa bener, maskudnya ‘gimana sih seorang (warga) Indonesia tinggal di Belanda, kehidupannya seperti apa’. Banyak riset ke kehidupan realita,” sambung Hadrah.

Dari film drama religi ini pun terdapat daya tarik tersendiri yang bisa dijadikan sebuah pelajaran dalam kehidupan, salah satunya spiritual journey dalam Islam. Wanita yang akrab dipanggil Non Hadrah ini juga mengungkapkan, dari film ini dapat belajar bahwa apapun masalah yang dihadapi akan memiliki jalan pulang baik kepada keluarga hingga Tuhan.

“Jalan cahaya yang orang temuin di waktu yang berbeda-beda. Yang pasti setiap orang, bagaimana pun situasinya, masa lalunya atau apapun, selalu ada tempat buat dia pulang. Tempat pulang bisa keluarga, sahabat, juga Tuhan. Disini (film) banyak spiritual journey dari masing-masing karakter dan bentuknya berbeda-beda,” tutur Hadrah.

Selain itu, film yang memulai syuting pada tahun 2020 ini pun menceritakan cinta segitiga di dalam pertemanan antar pemain yakni Khodijah yang diperankan Amanda Rawles, Nicholas dibintangi oleh Bryan Domani dan Kamala diperankan oleh Rachel Amanda.

“Nggak seratus persen film religi, tapi lebih ke romance cuman balutannya religi. Ada cinta segitiga juga,” ungkap Hadrah.

Akankah pertemanan mereka hancur? Buruan yuk, tonton film Merindu Cahaya de Amstel di bioskop terdekat!

Sementara itu, kamu bisa cek trailer-nya di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here