Es Aek Kabong: Minuman Pilihan Untuk Menemani Masa Pandemi

0

Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang lagi sampai tanggal 6 September 2021. Jadi, tetap di rumah saja ya guys! Seperti biasa, saat di rumah saja, pasti kalian mencari kesibukan untuk mengalihkan pikiran biar gak stres. Di tengah suasana pandemi yang sering membuat otak dan hati panas ini, saya teringat dengan chit chat bersama seorang sahabat melalui tatap maya. Sebut saja namanya Bang Piay. Dia sudah lama tinggal di Pangkal Pinang, ibukota Bangka Belitung.

Percakapan kami sekitar minuman apa yang asik diminum siang hari dan membuat adem otak dan hati yang lelah akibat terus menerus rapat online, yang terkadang tak kenal waktu akibat suasana pandemi. Bang Piay memberikan sejumlah daftar aneka jenis minuman. Ada kopi O, kopi susu, teh susu, teh manis, es aek kabong, es kopi susu, es jeruk, es teh susu, es teh jeruk, dan es milo. Sebagai penggemar dan penikmat minuman yang segar-segar, pilihan saya pun jatuh ke es aek kabong. Namanya cukup unik dan baru pertama kali saya dengar. Penasaran kan, apa sih es aek kabong itu?

Pengertian es pasti sudah kalian tahu, beda dengan isitilah aek dan kabong yang kurang familiar. Setelah ditelusuri dari berbagai sumber, ternyata aek artinya adalah air. Nah, yang agak sulit mencari pengertian kabong. Menurut Bang Piay, kabong atau kabung adalah gula aren. Sementara dilansir dari berbagai sumber, dalam kosa kata bahasa Jawa kabong itu artinya sudah sangat bosan. Terdiri dari 6 karakter, diawali dengan karakter k dan diakhiri dengan karakter g dengan dua huruf vokal. Menarik kan guys, beragam kosa kata yang kita punyai.

Lanjut penelusuran, es aek kabong merupakan minuman olahan. Es aek kabong atau bisa juga disebut es air gula aren ini dibuat tanpa bahan pengawet. Rupanya es aek kabong menjadi menu favorit di Pangkal Pinang. Es Aek Kabong menjadi menu regular dan satu – satunya di sebuah warung yang cukup laris di Pangkal Pinang, Warung Bubur Shanghai (BS). Menurut empunya warung BS, es aek kabong cocok untuk penggemar es berat karena bahan dasarnya yang tanpa bahan pengawet.

Jadi, kalau kalian sudah merasa sangat bosan, segelas es aek kabong ini bisa membuat badan kalian tambah sehat dan segar. Bahkan minuman es aek kabong ini bisa juga menjadi salah satu peluang usaha. Siapa tau kalian mau mencoba untuk diminum sendiri sebagai penyejuk hati dan pikiran atau sebagai inspirasi usaha di masa pandemi.

Sudah terbayang kan kenikmatan es kabong ini. Yuk simak cara pembuatannya, sebagaimana disampaikan oleh sahabat saya.

Pertama-tama, gula aren padat sebanyak 700 gram dicairkan terlebih dulu atau dimasak dengan 1 liter air. Lalu, diberi daun pandan agar harum baunya. Kalau kalian mau memasukkan es aek kabong ke dalam botol jangan lupa disaring dulu ya. Setelah itu disimpan ke dalam lemari es dan bisa diminum sesuai kebutuhan. Kalau ditambah es batu, minuman es aek kabong ini bikin badan jadi semakin segar. 

Mudah bukan cara pembuatannya? Selamat menikmati guys! (faNdra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here