10 Drakor Terbaik Bertema Kerajaan

Apakah kamu pernah membayangkan bahwa era dinasti kerajaan Korea sangat menakjubkan? Jujur saja saya belum pernah, sampai akhirnya saya menyaksikan keindahan zaman tersebut melalui tayangan Drama Korea di televisi dan jatuh cinta. Kemewahan yang ditampilkan dalam detail kostumnya, pengaturan lokasi kerajaan yang megah dan keindahan panorama yang diperlihatkan semakin membuat saya tenggelam dalam drama bertema sejarah kerajaan. Walaupun rasanya tidak mungkin, tapi jika ada mesin pemutar waktu yang dapat membuat saya melompat ke periode Joseon atau Goryeo, saya pasti akan melakukannya.

Berikut adalah pilihan drakor terbaik berlatar belakang kerajaan yang dapat menambah pilihan dan wawasan kamu untuk menemani hari di waktu senggang:

Jewel In The Palace (2003)

Drama yang juga dikenal sebagai Dae Jang Geum ini masuk dalam 10 besar drama dengan rating tertinggi sepanjang masa dengan raihan puncak sebesar 57,1%. Dibintangi oleh Lee Young Ae sebagai pemeran utama, serial ini bercerita tentang seorang juru masak dapur yatim piatu yang kemudian menjadi tabib wanita pertama seorang Raja. Kisahnya sendiri berasal dari kisah nyata tabib wanita pertama dari Dinasti Joseon dengan tema utama yang ingin ditampilkan berupa ketekunan Dae Jang Geum dalam penggambaran budaya tradisional Korea, termasuk masakan kerajaan Korea dan pengobatan tradisional Korea. Dengan nilai produksi sebesar US$15 Juta dan diekspor ke 91 negara, drama ini telah menghasilkan keuntungan sebesar US$103,4 Juta. Drama besutan sutradara Lee Byung Hoon ini pun dikenal sebagai salah satu pendukung utama Korean Wave melalui penyebaran budaya Korea ke luar negeri.

Hwang Jini (2006)

Serial yang dibuat berdasarkan kehidupan penuh gejolak Hwang Jini, seorang gisaeng paling terkenal dalam sejarah Korea, yang hidup pada abad ke-16 di periode Dinasti Joseon. Gisaeng sendiri merupakan wanita yang berasal dari keluarga yang terbuang atau budak, untuk kemudian dilatih menjadi wanita penghibur dengan kemampuan seni dan komunikasi yang artistik untuk para pria kalangan atas. Sang pemeran utama wanita, Ha Ji Won memenangkan Daesang (Penghargaan Utama) di KBS Drama Awards 2006 untuk penampilannya. Serial ini sendiri mendapatkan rating yang tinggi dan menjadi trendsetter tema gisaeng di dunia hiburan, baik dalam musik, drama televisi, film, dan bahkan kartun.

The Great Queen Seondeok (2009)

Dilahirkan sebagai anak kembar dan terpisah sejak bayi, 2 orang saudara perempuan bertemu kembali untuk memperebutkan takhta akibat rencana jahat seseorang yang haus kekuasaan, mengarahkan mereka pada hal yang kejam dan menghancurkan. Kejadian ini akan membuat sang pemeran utama lebih kuat dan menjadikannya sebagai penguasa kerajaan Silla. Drama yang diproduksi sebagai bagian dari ulang tahun MBC ke-48 ini dibintangi oleh Lee Yo WonGo Hyun JungUhm Tae WoongKim Nam Gil dan Park Ye Jin. Menceritakan tentang kehidupan Ratu Seondeok, drama yang tayang sebanyak 62 episode ini berhasil menempati posisi puncak rating hampir tiap minggu saat jam tayangnya, dengan raihan tertinggi sebesar 46,7%. Serial ini pun berhasil menyapu bersih penghargaan di MBC Drama Award dan penampilan fenomenal Go Hyun Jung berhasil menjadikannya sebagai peraih kemenangan tertinggi di beberapa acara penghargaan.

Dong Yi (2010)

Drama ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang tokoh bersejarah bernama Choi Suk Bin. Kisahnya sendiri bermula dari seorang pelayan rendahan yang berhasil meningkatkan statusnya menjadi selir raja. Drama sebanyak 60 episode ini berlatar belakang era Dinasti Joseon, pada masa pemerintahan Raja Sukjong. Dong Yi, yang dbintangi oleh Han Hyo Joo dan Ji Jin Hee, akan membuka mata penonton tentang betapa intensnya drama politik yang terjadi dalam istana dan melihat bagaimana kehidupan rakyat jelata di masa tersebut. Dong Yi berhasil menjadi drama paling populer pada saat itu, bahkan mencatat peringkat tertinggi untuk drama Korea yang ditayangkan di jaringan Jepang NHK. Akting brilian Han Hyo Joo pun diganjar dengan memperoleh Daesang (Penghargaan Tertinggi) di MBC Drama Awards.

The Princess’ Man (2011)

Jatuh cinta itu sangat rumit, apalagi dalam lingkup keluarga kerajaan walaupun dengan posisi paling kuat sekalipun. Para bangsawan istana tidak bisa memilih siapa yang mereka cintai atau nikahi. Dibintangi oleh Park Shi Hoo dan Moon Chae Won, serial ini berkisah tentang romansa terlarang antara putri dari seorang pangeran dan putra lawan politik nya. Bisa dibilang ceritanya seperti Romeo dan Juliet versi Joseon. Drama ini tidak hanya fokus pada tema percintaan saja, bersiaplah untuk menyaksikan aksi pedang yang dahsyat dan pertempuran yang penuh laga dan aksi. Drama yang tayang di stasiun televisi KBS ini  berhasil mendapatkan beberapa penghargaan domestic dan internasional serta meraih rating tertinggi pada episode finalnya yaitu sebesar 24,9% berdasarkan hasil survei AGB Nielsen.

Moon Embracing The Sun (2012)

Kekuatan akting Kim Soo Hyun membuat para penonton jatuh cinta saat berperan sebagai raja fiksi dari periode Joseon dan melambungkan namanya ke jajaran aktor papan atas industri perfilman Hallyu. Perkembangan karakter para pemeran utamanya, dari saat mereka muda hingga dewasa, sangat menarik dan memberikan pemirsa sebuah cerita yang bagus. Drama ini  bercerita tentang kisah cinta sang raja dan seorang dukun wanita (diperankan oleh aktris cantik Han Ga In), dengan dibalut bumbu – bumbu politik yang menegangkan. Moon Embracing The Sun  bertabur bintang – bintang remaja yang saat ini eksis sebagai pemeran utama dalam dunia drakor, seperti Yeo Jin Goo, Kim Yoo Jung dan Kim So Hyun.

Empress Ki (2013)

Drama yang satu ini tidak hanya populer di Korea Selatan tapi juga diakui secara internasional. Serial ini berkisah tentang Ki Seung Nyang, seorang wanita kelahiran Goryeo yang berhasil naik ke tampuk kekuasaan meskipun awalnya tidak memungkinkan sebagai akibat dari sistem kelas sosial pada masa itu. Ia kemudian menikahi Toghon Temür (Kaisar Kekaisaran Mongol) untuk menjadi permaisuri Dinasti Yuan. Drama ini berhasil menyoroti cinta mendalam sang Kaisar pada Lady Ki dan menggambarkan cinta dan ambisi politik sang pemeran utama wanita. Chemistry yang terjalin antara Ha Ji Won dan Ji Chang Wook pun sukses membuat penonton terbawa perasaan dan Ha Ji Won sendiri berhasil meraih Penghargaan Utama pada MBC Drama Awards berkat aktingnya yang memukau.

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama adaptasi dari novel sastrawan Cina Tong Hua berjudul Bu Bu Jing Xin ini dibintangi oleh Lee Joon Ki, Kang Ha Neul dan Lee Ji Eun alias penyanyi cantik IU. Drama sepanjang 20 episode ini dianggap gagal karena ratingnya yang jauh dibawah pengharapan saat ditayangkan di stasiun televisi SBS, dengan pencapaian tertinggi sebesar 7,6% berdasarkan hasil yang diperoleh dari Nielsen Korea. Sebaliknya, drama ini berhasil meraih sukses secara internasional dan ditonton lebih dari 1,1 miliar pasang mata di Cina serta meraih rating tinggi di Singapura dan Malaysia. Drama ini dilaporkan telah terjual lebih dari $400.000 per episode ke stasiun televisi Cina, Youku, dengan total lebih dari $8 juta menjadikan drama ini sebagai drama termahal yang pernah terjual, sebelum akhirnya dikalahkan oleh drama Man to Man beberapa bulan kemudian. Tema yang diambil adalah tentang perjalanan waktu dimana seorang gadis abad 21 terlempar ke masa Dinasti Goryeo. Intrik – intrik dimulai saat sang gadis yang terbangun pada tahun 941 dalam tubuh seorang wanita bernama Hae Soo yang terlibat dengan para pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa pada masa pemerintahan Raja Taejo dan terjebak dalam politik istana serta persaingan di antara para pangeran saat mereka memperebutkan takhta.

100 Days My Prince (2018)

Serial yang tayang melalui kanal televisi tvN ini merupakan salah satu drama yang masuk dalam peringkat 10 besar drama dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel. Genre yang diusungnya bisa dibilang paket komplit, dengan menggabungkan sejarah, aksi, misteri, thriller, dan komedi. Drama yang dimotori Do Kyung Soo dan Nam Ji Hyun sebagai pemeran utamanya ini akan mengajarkan banyak hal pada pemirsanya. Mulai dari hidup, cinta, dan bahkan kepemimpinan. Perasaan yang timbul setelah menyaksikan serial ini tidak hanya berupa rasa pedih di hati tetapi juga rasa takjub, bergetar, dan membuat percaya penonton percaya pada cinta. Bercerita tentang seorang putra mahkota yang dianggap telah mati setelah diculik, padahal sebenarnya ia terdampar di sebuah desa terpencil. Sang pangeran akan bertemu orang yang berbeda selama 100 hari yang akan mengajarinya banyak hal dalam hidup dan salah satunya adalah orang yang dia cari sejak dia masih kecil.

Mr. Queen (2020)

Drama yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun ini dibuat berdasarkan drama cina berjudul Go Princess Go dan berkisah tentang seorang pria bernama dari zaman modern yang terjebak dalam tubuh seorang ratu di era Joseon. Setelah ditayangkan, kontroversi sempat membayangi drama ini saat di episode ke-2 menyebut harta nasional Korea yaitu Catatan Nyata Dinasti Joseon sebagai “tabloid”. Hal ini menimbulkan kemarahan di kalangan pemirsa dan sekitar 700 orang mengajukan keluhan kepada Komisi Standar Komunikasi Korea. Serial ini juga dikritik karena penulis asli Go Princess Go telah membuat komentar negatif tentang Korea dalam karyanya yang lain. Produser Mr. Queen merilis pernyataan klarifikasi dan pembelaan mereka dan meminta maaf atas kontroversi tersebut serta menambahkan bahwa mereka tidak mengetahui komentar negatif yang dibuat oleh novelis tersebut. Terlepas dari kontroversinya, serial ini adalah drama dengan rating tertinggi ke-7 dalam sejarah televisi kabel Korea dengan episode terakhir mencapai rating nasional sebesar 17,371% dan mengumpulkan lebih dari 4 juta penonton. Serial ini juga mencetak rekor untuk tvN dengan mencapai peringkat ke-5 tertinggi dalam sejarah jaringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here