7 Indikasi Seseorang Mengalami Penurunan Fungsi Kesehatan Mental

0
stress

Kesehatan mental sangat penting diperhatikan karena masih banyak orang yang tak menghiraukan sebegitu pentingnya hal itu. Apalagi mengingat banyaknya manusia yang tak bisa mengungkapkan perasaannya dengan ucapan, alangkah baiknya orang tersebut memiliki seseorang yang dapat diajak bercerita agar hatinya tak penuh dengan kegalauan atau merasa kesepian. 

Karena jika tidak, hal tersebut bisa memicu penurunan fungsi kesehatan mental pada diri. Lantas selain itu, apa lagi sih indikasi seseorang mengalami penurunan fungsi kesehatan mental?

Psikologi Anak, Perkembangan Diri, dan Parenting Couch, Irma Gustiana menyebutkan ada 7 indikasi seseorang mengalami penurunan fungsi kesehatan mental. Pertama ialah orang tersebut mengalami stres berkepanjangan, emosi yang tidak bisa dikontrol atau stabil, sulit untuk fokus akan sesuatu, dan juga sering mengkhawatirkan segala hal yang tak perlu dikhawatirkan.

Selanjutnya orang-orang tersebut juga akan merasakan kesulitan untuk mengerjakan kegiatan yang biasanya menjadi rutinitas. Sungguh mengganggu keproduktifan bukan?

Tak sedikit juga mereka merasa tak punya teman atau terpisah dari orang-orang terkasihnya. “Mulai merasa tidak terhubung atau “terputus secara emosional” dari orang-orang yang dicintainya,” tulis Irma Gustiani di Instagramnya.

Setelah merasa terpisah, mereka bisa saja langsung menarik diri tanpa basa-basi. Dengan Menarik diri dari sosial, mereka akan merasa nyaman sendiri namun kondisi emosionalnya terganggu. Biasanya, orang yang tengah mengalami emosi tidak stabil akan berpengaruh pada pola makannya. Bisa menjadi tak nafsu makan, bisa juga kebalikannya. Maka dari itu tak jarang ditemui orang yang sudah lama tidak bersosial muncul-muncul terlihat perbedaannya dikarenakan berat badan yang berubah secara signifikan.

Mengalami perubahan nafsu makan dan berat badan (menurun atau bertambah secara signifikan).” Jelas Irma.

Indikasi yang lain ialah terkait masalah tidur. Awalnya tidur terasa nyaman dan mudah sesuai jadwal. Namun karena fungsi kesehatan mental menurun, jadwal dan jumlah jam tidur bisa berubah 180 derajat. “Beberapa orang mengalami insomnia atau hypersomnia/tidur dengan waktu yang panjang.” 

Indikasi terakhir yaitu masalah ketertarikan atau hilang minat pada sesuatu yang biasanya mereka nikmati. Menyedihkan bukan? 

Itu dia indikasi seseorang mengalami penurunan fungsi kesehatan mental. Kenali baik-baik sebelum terlambat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here