5 Rahasia Kuku Tetap Sehat dan Cantik Walau Sering Pakai Kuteks!

0
nail
Kredit foto: Freepik

Sebagian kaum hawa sering kali menggunakan kuteks berwarna-warni sesuka hati. Dengan memakai kuteks, kuku tangan dan kaki memang terlihat cantik dan bisa bikin salfok orang-orang lho. Tapi apakah kamu tahu kalau terlalu sering memakai kuteks bisa membahayakan kuku dan membuatnya menjadi  kurang sehat?

Meski warna-warni kuteks tampak indah namun di dalam satu botol kuteks terdapat kandungan bahan kimia yang bisa merusak kuku apabila dipakai terus menerus. Nah, kamu nggak perlu khawatir! Lewat artikel ini, kamu bisa tahu bagaimana cara merawat kuku tanpa harus ke salon.

Kredit foto: Freepik

Penasaran? Disimak ya, jangan sampai terlewat!

  • Potong Kuku

Umumnya kuteks identik dengan kaum wanita berkuku panjang. Padahal sebenarnya kuku panjang itu merupakan sarang bakteri dan menjadi tempat kuman berkumpul. Potonglah kuku dan bentuk kuku tersebut apabila ingin mengaplikasikan kuteks.

Meskipun tidak menggunakan kuteks pun kamu wajib memotong kuku secara rutin agar bersih dan selalu sehat. Resiko untuk terjadi kuku patah pun minim sehingga nggak bakal cantengan. Yuk sisihkan waktu untuk memotong kuku!

  • Beri Jeda Pemakaian Kuteks

Nah kalau tubuh kamu butuh tidur, begitu juga dengan kuku. Kuku pun harus beristirahat dan bernapas dengan bebas tanpa ditutupi bahan kimia. Kalau kamu sudah memakai kuteks selama beberapa waktu, sebaiknya diberi jeda untuk pemakaian selanjutnya.

Hindari pula kuteks yang memakai remover acetone karena hal itu bisa merusak kuku. Kamu bisa gunakan alternatif lain seperti nail polish remover yang acetone free hingga nail polish berbentuk peel off. Produk tersebut lebih aman dan sudah banyak dijual di pasaran.

  • Rendam Air Hangat

Setelah melakukan dua hal di atas, kamu bisa merendamkan kuku kamu di air hangat. Hal ini berguna untuk terhindar dari infeksi jamur kuku yang berpotensi mengubah warna kuku kamu menjadi kuning. Rendaman air hangat ini pun diberi tetesan perasan lemon agar fresh.

Tak lupa juga setelahnya, kamu gunakan hand cream atau minyak yang mempunyai kandungan jojoba. Hand cream atau minyak tersebut agar area kuku dan ruas-ruas jari kamu terasa lembab sehingga tampak sehat dan natural.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Tak hanya perawatan dari luar saja, perawatan dari dalam juga perlu lho untuk setiap bagian tubuh. Kamu bisa konsumsi makanan yang mengandung kombinasi antara zat besi, vitamin C, biotin hingga vitamin B

Bayam, telur, kacang-kacangan, daging segar, salmon hingga ubi jalar adalah contoh makanan yang mengandung kombinasi kandungan di atas. Nah, sudah tahu kan harus apa? Jangan malas untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya!

  • Jangan Menggigit Kuku

Ini adalah hal yang kerap kali dilakukan seseorang tanpa sadar. Biasanya hal ini merupakan kebiasaan lama yang susah dihilangkan seperti saat cemas dan bosan, tapi ini kebiasaan buruk yang harus dihilangkan.

Dengan menggigit kuku, tidak hanya merusak kuku tetapi juga mengundang bakteri dan kuman untuk masuk ke tubuh kamu. Bagi kamu yang memiliki kebiasaan ini, yuk diubah karena hal itu bisa menyebabkan tekstur kuku menjadi tidak rata sehingga kuku tampak tidak sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here