10 Camilan Populer Ala Korea Menggunggah Selera dalam Drakor

0
Tteokbokki kiss ala Romance is a Bonus Book

Pengaruh budaya Korea di seluruh dunia begitu kuat, sehingga banyak orang tergila-gila dengan serial terbaru dan penasaran dengan apa saja yang para aktor dan aktris Hallyu ini makan, sukai ataupun lakukan. Sebagai penggemar drakor, pasti kamu sering melihat tampilan makanan dan minuman ala Korea yang menemani para pelakon drama saat kumpul bersama keluarga dan rekan sejawat, atau bahkan saat sedang duduk sedih sendirian meratapi kasih tak sampai para second lead favorit pemirsa dalam cerita drama yang kita saksikan di layar kaca. Melihat betapa nikmatnya cara para pemeran serial drama menghabiskan makanan dan minuman mereka, apakah membuat kamu penasaran dan ingin mencicipinya?

Berikut 10 camilan populer ala Korea menggunggah selera yang sering wara wiri tampil menemani para bintang Hallyu dalam drama Korea yang bisa menjadi pilihan kamu menemani saat menonton serial favoritmu, sebagaimana dikutip dari Asia Tatler.

  1. Corn Dog

Makanan Korea yang di jajakan di jalanan ini sangatlah populer. Makanan yang satu ini pada dasarnya adalah sosis yang ditusuk dengan stick dan dilapisi adonan tepung jagung kemudian digoreng dengan metode deep fried. Jajanan yang juga sering disebut Hot Dog on a Stick ini adalah bagian penting dari drakor populer yang tayang di tahun 2020, Start-Up. Dalam serial tersebut, Choi Won Deok (Kim Hae Sook), nenek dari sang pemeran utama wanita, Seo Dal Mi (Bae Suzy) memiliki bisnis corn dog di mana nantinya ia bertemu dengan second lead yang bikin hati pemirsa gonjang – ganjing dan bikin keributan di media sosial akibat netizen terbelah menjadi 2,  Han Ji-pyeong (Kim Seon Ho), yang akan terlibat dalam labirin kisah yang menarik. Corn dog adalah sejenis camilan yang entah bagaimana memunculkan jiwa anak kecil dalam diri kamu, atau dalam hal ini, kenangan masa kecil Han Ji Pyeong.

2. Bungeoppang

Camilan ala jalanan yang dicari – cari ketika musim dingin ini merupakan kue berbentuk ikan yang diisi dengan pasta kacang merah dan terkadang custard (campuran kuning telur dan susu/krim) dan secara tradisional dimasak dalam cetakan yang mirip dengan pemanggang waffle.

Jajanan ini kembali mendapat perhatian ketika serial blockbuster tvN dan Netflix Vincenzo memperlihatkan Cha-Cenzo (julukan untuk duo pemeran utama Hong Cha Young dan Vincenzo Cassano di serial tersebut) sering menikmati kelezatan camilan ini, yang ternyata memiliki keterkaitan khusus  dengan masa kecil Vincenzo Cassano (Song Joong Ki). Camilan ini juga memiliki versi sandwich es krim dari perusahaan susu terkenal di Korea Selatan.

3. Egg Drop Sandwich

Sandwich (roti isi) yang satu ini mungkin terlihat mahal dan mewah, tetapi sebenarnya merupakan salah satu camilan paling mudah dibuat dan juga salah satu makanan favorit yang sering dibawa kemana – mana di Korea Selatan. Dipopulerkan oleh jaringan distribusi makanan Korea Egg Drop!, sandwich yang tampak cantik dan layak ditampilkan dalam laman Instagram ini terbuat dari telur orak-arik yang lembut, keju leleh, dan bacon (kalau di Korea menggunakan daging babi, tapi kalau mau buat versi halalnya bisa diganti dengan daging sapi) renyah yang diselimuti roti panggang mentega yang tebal.

Camilan ini adalah jenis suguhan kalori yang sempurna untuk hari bebas diet yang kamu jalani. Dalam drama yang mengharukan 18 Again, versi muda dari Hong Dae Young (Lee Do Hyun, pemenang Baeksang Arts Awards ke-57 untuk Aktor Pendatang Baru Terbaik) memberi putrinya Hong Shi Ah (Roh Jeong Eui) dan teman-temannya camilan ini karena merupakan favorit sang buah hati tercinta.

4. Tteokbokki

Bagaimana mungkin kami tidak memasukkan tteokbokki dalam daftar ini? Bisa dibilang camilan yang satu ini adalah salah satu makanan dengan resep yang paling banyak dicari di Google dan dibuat ulang  oleh para penggemar drakor. Tteokbokki adalah sejenis makanan jalanan yang terbuat dari tepung beras yang dibasahi saus pedas manis yang hangat dan kenyal. Saking populernya camilan ini, bahkan versi instan yang tinggal dipanaskan dalam microwave sering terjual habis di toko khusus yang menjual bahan makanan Asia. Penampilan paling sensasional dari makanan pokok Korea ini adalah dalam drama yang tayang di tahun 2019, Romance is a Bonus Book, di mana Cha Eun Ho (Lee Jong Suk) dan Kang Dan I (Lee Na Young) berciuman sambil menikmati tteokbokki. Pasti versi yang hot ‘n spicy ya ladies? Ooppss.

Romance is a Bonus Book adalah drama comeback Lee Na Young ke layar kaca setelah hiatus sejak 2010 dan merupakan serial terakhir Lee Jong Suk sebelum ia memenuhi kewajibannya sebagai warga negara Korea Selatan yang baik, mengikuti wajib militer. Dengan selesainya wajib militer yang dijalani pria lulusan Konkuk University pada awal tahun ini, para penggemar sudah tidak sabar untuk melihatnya aksinya di layar kaca, kali ini dengan tampilan rambut gondrongnya yang menambah ketampanannya berkali – kali lipat.

5. Makgeolli

Soju mungkin merupakan minuman beralkohol paling populer yang diperkenalkan oleh orang Korea pada dunia. Namun, ada persembahan Korea lainnya yang saat ini menjadi sangat populer, lagi – lagi berkat drama berating tinggi yang dibintangi Song Joong Ki, Vincenzo, yang menyoroti minuman berakohol khas Korea yaitu makgeolli.

Terbuat dari anggur beras putih keruh dengan kadar 80% air dan 6-8 % alkohol, makgeolli adalah minuman jadul yang manis dan bernutrisi dengan asam laktat dan bakteri lactobacillus tingkat tinggi. Dipercaya dapat membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penuaan, minuman ini juga kaya akan serat.

6. Susu Pisang

Ingat gak dengan adegan Ji Eun Tak (Kim Go Eun) dalam drama Goblin atau Guardian: The Lonely and Great God di mana dia selalu terlihat sedang menikmati minuman susu dalam botol mungil? Botol ikonik mungil itu adalah susu pisang produksi salah satu produsen susu Korea berusia puluhan tahun, Binggrae. Saking populernya, terekam dalam catatan perusahaan bahwa telah terjual 800.000 botol setiap hari di Korea pada tahun 1974 dan sekitar 6 miliar botol telah terjual di seluruh negeri.

Desain botolnya terinspirasi dari toples tradisional Korea dan dilaporkan bahwa minuman susu ini dibuat untuk mendukung tujuan pemerintah Korea Selatan dalam mendorong penduduk setempat untuk minum lebih banyak susu. Pisang pada saat itu dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang mahal, sehingga termasuk dalam jenis makanan mewah. Saat ini, susu rasa pisang telah didistribusikan ke seluruh dunia agar para penggemar drakor dapat menikmati sensasi gimana sih rasanya jadi Ji Eun Tak.

7. Chapaguri alias Ram-Don

Salah satu hidangan paling kontroversial di industri hiburan Korea, ram-don (juga dikenal dengan nama jjapaguri atau chapaguri atau kependekan dari Chapaghetti dan Neoguri, dua jenis mie instan yang berbeda dari produsen Korea Nongshim) menunjukkan garis yang tegas antara kelas – kelas sosial ekonomi. Istilah ram-don diciptakan untuk sebuah film yang diterjemahkan oleh Darcy Paquet, seorang translator untuk subtitle film, dimana nama Korea untuk hidangan tersebut seharusnya adalah jjapaguri, merupakan kombinasi dari ramen instan dan udon.

Hidangan ini adalah campuran Chapagetti, mie ramen jajang yang terinspirasi dari Tiongkok, dan Neoguri, udon ala Jepang yang ditata ulang dalam kaldu seafood Korea yang pedas. Dalam film Parasite, hidangan tersebut melambangkan dua ujung ekstrem masyarakat yang digabungkan dalam satu piring hangat, sehingga mendapat julukan “perang kelas dalam mangkuk”. Yang kurang beruntung diwakili oleh mie instan yang berharga murah yang digunakan dalam hidangan, sementara potongan daging wagyu yang banyak dibumbui di atas mie campuran mewakili mereka yang, yah, mampu membeli bahan-bahan premium.

8. Ayam Goreng ala Korea

Dengan potongan ayam goreng Korea yang renyah dan juicy, makanan ini sering dipasangkan dengan minuman bir dingin di sebagian besar adegan drakor termasuk dalam drama Crash Landing On You (Hyun Bin dan Son Ye Jin), Start-Up (Bae Suzy, Kim Seon Ho & Nam Joo Hyuk) dan My Love From the Stars (Kim Soo Hyun & Jun Ji Hyun). Rasanya sangat mustahil untuk tidak terpikat ketika melihat kilauan emas dari ayam goreng nan renyah yang menggunggah selera penonton untuk mencari makanan itu di aplikasi secara online dan memesan satu kotak untuk diri sendiri.

Apa bedanya ayam goreng Korea dengan ayam goreng biasa? Kerenyahan khas yang membalut tampilan ayam goreng ala Korea adalah hasil dari adonan setipis kertas yang terbuat dari tepung kentang yang melapisi seluruh bagian ayam, yang kemudian digoreng dengan waktu yang cukup lama sebanyak 2 kali. Ayam goreng Korea cenderung tetap renyah lebih lama setelah dikeluarkan dari wajan panas.

9. Ramyun

Setara dengan ungkapan Netflix and chill, ajakan makan ramyun di drama Korea hampir selalu memiliki makna ganda. Meskipun ada pesan menarik yang tersembunyi dalam adegan yang melibatkan mie instan, kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa makan ramyun adalah salah satu pengaruh terbesar budaya Korea di banyak belahan bagian dunia lainnya.

Adegan yang tak terlupakan yang melibatkan ramyun bisa dilihat dalam beberapa drama seperti adegan Lee Young Joon (Park Seo Joon) dan Kim Mi So (Park Min Young) dalam drama What’s Wrong With Secretary Kim?, Gu Seung Jun (Kim Jung Hyun) dan Seon Dan (Seo Ji Hye) di Crash Landing On You, dan Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum) dan Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) di serial Encounter. Jadi, berhati-hatilah saat menjawab seseorang yang bertanya, “Apakah kamu ingin makan ramyun?”, kecuali kamu siap untuk itu.

10. Iced Americano

Bukan jajanan asli Korea tapi satu hal yang pasti, minum Iced Americano adalah bagian dari budaya kopi Korea Selatan. Hal ini terutama karena Iced Americano tidak mendapatkan tambahan apapun dalam isinya, kopi murni tanpa susu sehingga lebih ramah pada kondisi kantong penerimanya. Iced Americano dilaporkan memiliki tingkat pemesanan tertinggi di antara semua minuman yang di jual di kafe – kafe Korea Selatan sehingga tidak mengherankan jika kamu melihat aktor dan aktris Korea Selatan favoritmu meneguk satu atau dua gelas dalam drama mereka.

Penampakan terbaru dari minuman berkafein ini dapat dilihat dalam drama Vincenzo, di mana Vincenzo Cassano (Song Joong Ki), seorang anak asal Korea Selatan yang diadopsi dan tumbuh besar di Italia, terlihat memesan espresso shot khas Italia. Dia terlibat dalam kasus yang melibatkan Hong Cha Young (Jeon Yeo Been), seorang pengacara Korea Selatan yang tidak bisa bertahan sehari tanpa Iced Americano. Potongan adegan yang tampil menggambarkan bagaimana 2 budaya yang berbeda menikmati 2 versi yang berbeda dari minuman yang paling dicintai di muka bumi dalam bentuknya yang paling murni.

Selain itu, truk kopi juga sangat populer di Korea Selatan. Kamu mungkin pernah mendengar aktor seperti So Ji Sub mengirimkan satu truk kopi ke lokasi syuting Vincenzo untuk menunjukkan dukungan kepada sesama aktor Song Joong Ki dan Ok Taecyeon. Bintang utama Vincenzo itu juga dilaporkan telah mengirim satu truk kopi ke lokasi syuting film Mount Jiri untuk mendukung rekan seprofesinya Jun Ji Hyun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here