Siapa Roehanna Koeddoes, Wanita yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Kalau kamu membuka google hari ini, kamu pasti melihat sosok wajah wanita berkerudung khas Sumateran Barat yang dipajang sebagai google doodle hari ini, Senin 8 November 2021. Sekilasi bertanya nggak sih, siapa wanita ini sehingga wajahnya dipasang sebagai goodle doodle hari ini?

Dia adalah Roehana Koeddoes, jurnalis perempuan pertama di Indonesia yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi, pada 7  November 2019 lalu di Istana Negara. Roehanna tak hanya jurnalis perempuan pertama di Indonesia, tetapi ia juga penggerak bidang pendidikan di awal tahun 1900-an.

Roehanna Koeddoes yang lahir di Kotogadang, Sumatera Barat pada 20 Desember 1884 ini adalah kakak tiri dari Sutan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia pertama,  juga bibi dari Chairil Anwar. Bisa dibilang, dari keluarganya banyak tokoh penting yang berperan dalam masa kemerdekaan Indonesia. Selain masih bersaudara dengan Sutan Sjahrir dan Chairil Anwar,  Roehanna juga merupakan sepupu dari H. Agus Salim.

Disebut sebagai ‘Ibu Pers Indonesia’, Roehanna menguasai berbagai bahasa sejak kecil. Ia pandai menulis, membaca dalam bahasa Belanda, Arab,Latin, hingga Arab Melayu. Pada 10 Juli 1912, Roehana menerbitkan surat kabar Sunting Melayu yang merupakan surat kabar perempuan pertama di Hindia Belanda, yang  menampung aspirasi kemajuan kaum perempuan.

Sepanjang kariernya, Roehana terus mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme dengan berbagai prestasi yang diakui nasional.

Mendirikan Sekolah Kerajinan Pada 11 Februari 1922, ia mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia yang mengajarkan keterampilan perempuan mengelola keuangan, tulis-baca, budi pekerti, pendidikan agama, dan bahasa Belanda.


Dalam berkarier memperjuangkan pendidikan kaum perempuan, ia harus menghadapi tantangan sosial dari pemuka adat masyarakat Koto Gadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here