Nope 2022: Perlihatkan UFO Memuntahkan Darah Manusia

UFO, unidentified flying object atau dikenal dengan pesawat alien dipercaya ada dan pernah datang ke bumi. Hanya segelintir orang yang percaya hal itu dengan beberapa bukti melalui foto dan rekaman yang bisa saja dibuat juga oleh manusia lain. 

Karena dianggap tak biasa, UFO dan alien kerap dijadikan bahan bagi para pembuat film. Salah satunya yang baru rilis pada 17 Agustus lalu di bioskop, Nope.

Nope adalah salah satu film yang disutradarai Jordan Peele. Ia memiliki selera yang bagus dalam genre psychological horror, padahal ia adalah seorang komedian.

Menceritakan sebuah teror yang dilakukan benda asing di peternakan sepasang adik kakak, OJ (Daniel Kaluuya) dan Emerald Haywood (Keke Palmer). Benda asing itu awalnya tak terlihat karena menyamar sebagai awan biasa. Namun setelah diperhatikan melalui CCTV, awan tersebut tak bergerak sedikit pun, tidak seperti awan pada umumnya.

Jordan Peele pintar mengemas kengerian tindakan UFO. Ia mengerti bahwa penonton tidak hanya membutuhkan jump scare, melainkan adegan-adegan dengan backsound sunyi namun sangat terasa kengeriannya. Salah satunya adegan rumah OJ dan Emerald yang tengah dihujani darah puluhan manusia yang sudah dikunyah habis oleh UFO tersebut.

Yang membuatnya lebih realistis dibanding film UFO lainnya ialah Nope tidak menunjukan sosok alien atau bentuk dari alien itu sendiri. Jordan hanya memberikan tontonan UFO yang bisa berubah bentuk sesuai kondisinya.

Ada momen di mana UFO diberi umpan dan malah berubah menjadi sesuatu yang indah. Bentuknya seperti kain putih tersambung berkibas angin dengan mulut berbentuk kotak yang siap menghisap apapun yang memandang ke arahnya. Yup, UFO itu tak akan menghisap manusia sekalipun jika tak dipandang secara langsung dengan mata. Seperti film Bird Box (2018), ya.

Ending dari Nope sendiri sedikit tak masuk akal. UFO yang sudah pasti super canggih dan seharusnya bisa melakukan apa saja malah hancur hanya dengan balon besar yang dihisapnya sendiri. Jordan seperti menyampaikan bahwa UFO memang canggih, namun tak sepintar manusia. Bisa dikelabuhi dan hancur dengan mudah.

Kini Nope sudah tidak tayang di bioskop. Bisa disaksikan di Prime Video, Apple TV, Xfinity, Vudu Fandango, YouTube, dan Get it from Microsoft. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here