Dari Chucky sampai Annabelle, Ini 5 Boneka Setan di Film Hollywood dan Indonesia

Dunia selebritas Indonesia dihebohkan dengan fenomena artis mengasuh spirit doll atau boneka arwah. Desainer dan presenter Ivan Gunawan boleh dibilang sebagai trendsetter artis Indonesia mengasuh boneka. Setelah Ivan, muncul pula Ruben Onsu, Celine Evangelista, Soimah hingga Lucinta Luna.

Fenomena ini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Dilihat dari sisi agama, beberapa ulama melarang hal ini. Ada pula yang mengangkat dari sisi psikologi, di mana pada batas usia tertentu tidak wajar jika menganggap boneka adalah teman.

Jauh sebelum spirit doll booming, ada sejumlah film yang mengangkat fenomena boneka arwah pembawa petaka. Banyak film horor dengan sosok boneka hantu yang sukses mencetak box-office. Bahkan ada yang sudah lebih dari 33 tahun masih terus diproduksi oleh sineas. Berikut kami rangkum 5 boneka setan di film Hollywood dan Indonesia.

Annabelle

Boneka Annabelle pertama muncul hanya sekilas di film The Conjuring yang rilis 2013. Pada 2014, barulah boneka perempuan ini dibuatkan film sendiri. Hasilnya sukses besar, dan sampai sekarang telah dibuat tiga jilid yaitu: Annabelle (2014), Annabelle: Creation (2017) dan Annabelle Comes Home (2019).

Boneka Annabelle ini ada sungguhan di Amerika, ditemukan tahun 1970. Seorang siswi sekolah keperawatan mendapat kado boneka yang ternyata menimbulkan keanehan. Boneka yang asli sekarang ada di Museum The Warrens’ Occult yang terletak di kota Monroe, Connecticut, Amerika Serikat.

Chucky

Boneka Chucky pertama kali diperkenalkan dalam film Child’s Play yang rilis 1988. Child’s Play mengisahkan seorang pembunuh berantai yang dengan ilmu voodoo (santet-nya Amerika) memindahkan arwahnya ke dalam sebuah boneka. Ia masuk ke boneka bernama Chucky. Tak pelak, Chucky selalu menimbulkan kematian di sekitar pemilknya.

Hingga 2019, sudah ada delapan film Chucky yang dibuat. Pada 2021 lalu, muncul versi serial TV. Ada pula dua film pendek dan video game.

Billy

Produser dan sutradara James Wan melejit lewat franchise film The Conjuring, termasuk Annabelle. Jauh sebelum itu, ia pernah menyutradarai film berjudul Dead Silence, rilis tahun 2007. Berkisah tentang pasutri Jamie dan Lisa yang menerima paket misterius berisi boneka laki-laki bernama Billy. Tak lama kemudian, Lisa tewas dengan cara sadis dan misterius.

Selidik punya selidik, Billy rupanya berisi arwah seorang wanita yang mati penasaran.

Brahms

Boneka Brahms muncul pertama kali di film The Boy yang rilis 2016. Ceritanya tentang Greta Evans, seorang wanita Amerika yang pergi ke Inggris setelah mendapat pekerjaan sebagai pengasuh. Greta kaget saat tahu bahwa yang diasuhnya adalah boneka, bukan manusia. Awalnya Greta santai saja. Tapi belakangan, kejadian aneh terus dialaminya. Greta akhirnya menemukan fakta mengejutkan di balik boneka misterius itu.

Karena sukses secara finansial, The Brahms hadir lagi pada 2020 dengan judul resmi Brahms The Boy II. Sayangnya film kedua hanya meraih box-office 1/3 film pertama, dengan budget yang relatif sama.

Sabrina

Boneka Sabrina pertama kali muncul pada film The Doll 2 tahun 2017. Karena sukses, kemudian dibuatkan film dengan judul Sabrina pada 2018. Aiden (Christian Sugiono) seorang pengusaha boneka sukses yang memberikan kado untuk Maira (Luna Maya) sang istri boneka bernama Sabrina. Aiden punya keponakan bernama Vanya yang diasuhnya, lantaran orang tuanya telah meninggal. Vanya yang kangen mendiang ibunya melakukan permainan memanggil arwah. Sejak itu, kejadian aneh menimpa keluarga ini.

Film Sabrina berhasil mengumpulkan 1,3 juta penonton dan diputar di bioskop luar negeri di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Jepang.

(RAYA FAUZI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here