Sweet & Sour: Komedi Romantis Kompleksitas Sebuah Hubungan

0

Film romantis sering terlihat berusaha keras menunjukkan kepada penonton momen istimewa dan ajaib dari rasanya jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, jarang sekali menggambarkan alasan mengapa cinta itu bisa berantakan. Sweet & Sour, drama romantis baru dari sutradara Lee Kye Byuk berusaha mengupas romantisme dari sudut pandang yang berbeda.

Tayang perdana di Netflix pada tanggal 4 Juni 2021, film produksi Korea Selatan ini dibintangi oleh Jang Ki Yong, Chae So Bin dan Krystal Jung dan berkisah tentang pasangan yang jatuh cinta pada pandangan pertama namun harus terpisah karena tuntutan pekerjaan.

Jung Da Eun (Chae So Bin) bekerja sebagai seorang perawat saat pertama kali ia bertemu dengan Lee Jang Hyeok (Jang Ki Yong), yang menjadi pasien saat dirawat di rumah sakit karena Hepatitis B . Mereka saling jatuh cinta pada pandangan pertama. Bagi Jang Hyeok, Da Eun merupakan sebuah anugerah di saat ia dijauhi keluarga dan teman – temannya.  Jang Hyeok mulai melakukan hal-hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya dan hal tersebut membuat hubungan mereka berkembang, salah satunya adalah program untuk menurunkan berat badan.

Suatu saat Jang Hyeok mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih bagus di kota lain, ia merasa hidupnya telah berubah sampai pada satu waktu ia bertemu dengan Han Bo Yeong (Krystal Jung), seorang pegawai baru lainnya dari divisi yang sama. Bo Yoeng adalah seorang wanita ambisius yang bersedia melakukan apapun untuk mendapatkan kesuksesan dalam pekerjaan. Pada awalnya Bo Yeong memperlihatkan sikap tidak bersahabat pada Jang Hyeok yang ditunjukkan lewat cara makannya yang ceroboh dan sikapnya yang kasar. Namun pada akhirnya, hubungan yang diawali rasa tidak suka itu malah membuat kedua partner kerja tersebut semakin dekat.

Premis Sweet & Sour, meskipun tidak terlalu orisinal tampaknya cukup menarik. Saat mulai menonton, maka kita akan terhanyut masuk kedalam cerita. Hal ini tidak ada hubungannya dengan para pemeran yang berakting cukup baik, namun naskahnya yang sangat dalam. Ada sedikit ketegangan yang berarti dalam cerita yang ingin disampaikan kepada penonton. Bahkan ketika Da Eun dan Jang Hyeok berada di puncak masalah hubungan mereka, semuanya terasa berlalu dengan tenang.

Sweet & Sour, seperti judulnya adalah sebuah film yang cukup ringan tentang berbagai situasi yang dihadapi pemeran utama pria dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya. Meskipun sebagian besar berjalan mulus dengan pacar perawatnya yang bekerja keras, rasa asam itu ternyata berasal dari Bo Yeong. Saat ia melewati berbagai situasi dalam hidupnya untuk membuat pekerjaannya terasa lebih baik, ia mendapat berbagai macam pelajaran berharga. Saat-saat manis dan asam ini ternyata menjadi semacam bahan yang membangun hidupnya.

Saat kamu berpikir bahwa bahwa kamu memahami jalan cerita Sweet & Sour, ternyata film ini menyiapkan kejutan yang akan mempertanyakan semua hal yang baru saja kamu tonton dengan memberikan sebuah pukulan telak pada menit – menit terakhir. Pujian layak disampaikan karena memberikan petunjuk yang bahkan mungkin tidak dapat ditemui oleh detektif film yang paling berdedikasi.

Jika kamu mencari film Korea yang manis namun sedih tentang tekanan kehidupan modern dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari, Sweet & Sour akan mampu memenuhi ekspetasi kamu. Namun, jika kamu mencari sesuatu yang lebih dalam dan lebih mengharukan, sebaiknya kamu mencoba mencari rekomendasi film yang lain karena pada akhirnya Sweet & Sour adalah sebuah film yang hanya memancing sedikit emosi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here