Sutradara Squid Game Menjawab Tuduhan Plagiarisme Atas Film Jepang As The Gods Will

1

Pemirsa serial Netflix Squid Game tampaknya memperhatikan dengan detail dan melihat bahwa drakor yang dibintangi oleh Lee Jung Jae, Park Hae Soo dan Jung Ho Yeon tersebut memiliki beberapa adegan dan alur cerita yang mirip dengan film Jepang yang dirilis pada 2014, As The Gods Will.

Plot dari kedua pertunjukan tersebut melibatkan pertandingan survival yang melibatkan kematian dengan menggunakan permainan masa kanak-kanak dan ada juga kesamaan dalam sinematografinya, seperti bidikan close-up kepala boneka raksasa dan adegan jam hitung mundur.

Perbandingan film Squid Game (atas) dan As The Gods Will

Squid Game, yang ditayangkan perdana pada layanan streaming Netflix Jumat lalu (17/9), mendapatkan sambutan hangat dan menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Serial berjumlah 9 episode ini bercerita tentang sekelompok orang putus asa akibat hutang yang menggunung dimana mereka harus memainkan permainan masa kecil versi kejam untuk mendapatkan kesempatan memenangkan 45,6 juta won (Rp 549 miliar).

Nama sang sutradara, Hwang Dong Hyuk, naik pamornya berkat film Silenced yang dirilis pada 2011, berdasarkan kisah nyata tentang pelecehan siswa tunarungu di Korea Selatan, dengan bintang – bintang papan atas Korea Selatan, seperti Gong Yoo, Jung Yu Mi dan aktris muda yang bersinar berkat drama trilogi SBS Penthouse, Kim Hyun Soo.

Sebelumnya, Hwang Dong Hyuk telah menyebutkan bahwa naskah untuk Squid Game telah dikerjakan sejak 2008 hingga 2009, tetapi ditunda karena kurangnya minat sampai Netflix datang dan memberikan penawaran satu dekade kemudian.

Dalam konferensi pers, dia berkata,”Memang benar (pertandingan pertama) terlihat serupa, tetapi setelah itu, tidak ada kesamaan.”

Dia menunjukkan bahwa As The Gods Will dibuat pada tahun 2014, setelah ide awalnya untuk Squid Game datang padanya setelah membaca banyak manga (komik Jepang) tentang genre survival.

Sementara dia ragu-ragu untuk mengklaim kepemilikan cerita tersebut, dia menambahkan,”Tetapi jika saya harus mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu.”

Belum tahu tentang Squid Game? simak trailer-nya di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here