Rekomendasi 5 Film Psikopat Korea yang Diangkat Dari Kisah Nyata

0
film bong joon ho
Film Memories of Murder karya sutradara Bong Joon Ho dianggap sebagai salah satu film masterpiece-nya

Film yang bertemakan psikopat atau cerita kasus pembunuhan berantai masih menjadi daya tarik bagi beberapa pecinta film bergenre thriller atau horor. Film-film tersebut seolah dapat memacu adrenalin dan membawa penontonnya untuk belajar mengenai pola pikir pembunuh berantai yang sangat rumit.

Film psikopatn dibawah ini mengangkat cerita kasus pembunuhan berantai yang pernah terjadi di Korea Selatan. Film-film tersebut menampilkan sosok manusia berdarah dingin yang tanpa gejolak emosi saat melakukan berbagai aksi pembunuhan.

Tidak hanya menampilkan plot cerita yang menarik, rekomendasi film dibawah ini bahkan memiliki alur yang tidak disangka-sangka. Menariknya semua aktor yang berperan sebagai psikopat memiliki kemampuan akting yang bikin bulu kuduk merinding.

Berikut rekomendasi 5 film psikopat Korea yang diangkat dari kisah nyata:

1. Memories of Murder (2003) 

Film ini dibuat berdasarkan tragedi pembunuhan berantai yang terjadi selama kurung waktu 1986-1991 di Hwaseong, Korea Selatan yang masuk dalam ketiga kasus besar pembunuhan di Korea Selatan yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Film ini berkisah tentang tiga detektif (Song Kang Ho, Kim Roe Ha dan Kim Sang Kyung) yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Ketiga detektif tersebut hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan, mereka hanya tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio.

2. The Case of Itaewon Homicide/Where the Truth Lies (2009)

Film ini diangkat dari misteri kasus pembunuhan yang terjadi di Itaewon, Korea Selatan setelah ditemukannya seorang mahasiswa bernama Jung Pil Joo dari Universitas Hongik yang tewas pada 3 April 1997 dengan 9 tikaman pada bagian dada dan leher. 

Film ini awalnya bercerita mengenai pertengkaran beberapa remaja di salah satu restoran cepat saji di kawasan Itaewon. Beberapa saat kemudian, seorang mahasiswa bernama Jung Pil Jo (Song Joong Ki) ditemukan tewas mengenaskan di toilet restoran tersebut. Sebelum terjadi pembunuhan, dua orang remaja Korea-Amerika juga masuk ke toilet. Mereka adalah Pearson (Jang Geun Suk) dan Alex (Shin Seung Hwan). Keduanya pun dibebaskan karena kurangnya bukti dan pergi ke Amerika.

3. The Chaser (2008)

Film yang satu ini diangkat dari kisah nyata seorang psikopat bernama Yeong Min yang korbannya adalah perempuan bertubuh langsing yang dibunuh menggunakan palu. Kisah ini juga cukup menggemparkan masyarakat Korea Selatan, khususnya di industri pekerja seks komersial. 

Film ini berkisah tentang Ha Jung Hoo (Ji Young Min), mantan detektif yang berubah profesi sebagai mucikari. Pada suatu waktu Jung Ho sadar gadis-gadis yang bekerja dengannya menghilang tanpa jejak setelah dipesan oleh satu nomor telepon yang sama.

Di suatu malam, ia mendapat panggilan telepon dari seorang pelanggannya dengan nomer yang sama. Joong Ho pun melakukan penyelidikan dengan temannya yang masih bekerja sebagai polisi. Untuk memancing psikopat itu, Joong Ho mengutus gadisnya bernama Mi Jin (Seo Young Hee). Alih-alih langsung mendapatkan hasil, pihak kepolisian malah harus menghadapi kasus kriminal dengan sosok pembunuh berantai paling sadis yang pernah ada di Korea.

4. The Voice of Murderer (2007)

Film ini diangkat dari kisah nyata penculikan dan pembunuhan seorang anak bernama Lee Hyung Ho yang berusia 9 tahun di Seoul, Korea Selatan, pada 1991. Kasus ini sangat tragis dengan kronologi cerita yang memilukan dan masuk kedalam 3 kasus besar Korea yang belum terpecahkan.

Film ini bercerita mengenai seorang pembawa berita bernama Han Kyung Bae (Sol Gyung Gu) dan istrinya Oh Ji Sun (Nam Ju Kim) yang kehilangan putra mereka. Sang penculik meminta uang tebusan 70KRW dan car phone kepada Han Kyung Bae jika ingin anaknya kembali pulang ke pangkuan mereka. 

Namun, Han Kyung Bae harus memenuhi syarat si penculik yang juga seorang pembunuh itu, salah satunya adalah tidak melapor ke polisi. Tak kuat dengan tekanan dari sang penculik, Han Kyung Bae akhirnya melapor ke polisi dan akhirnya dilakukan penyelidikan rahasia. Namun, buntut pelaporan itu sampai ke telinga penculik dan malah berujung pada hal yang lebih mengerikan. 

Sama seperti kejadian di film, sang peculik meneror orangtua korban selama 46 kali tanpa henti dan disuruh datang ke lokasi-lokasi tertentu namun tidak ada hasil. Setelah 44 hari masa pencarian Lee Hyung Ho sudah ditemukan tewas didaerah Jamsil, Korea Selatan.

5. Children (2011) 

Film terakhir ada Children atau yang dikenal dengan kasus kelima anak kodok. Film ini diangkat dari hilangnya lima anak di Bukit Waryong pada tahun 1991. Kelima bocah itu bernama U Cheol Won (13), Jo Ho Yeon (12), Kim Yeong Gyu (11), Park Chan In (10), dan Kim Jong Sik (9). Kasus ini masuk kedalam 3 kasus besar Korea yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Film ini awalnya becerita tentang anak-anak yang ingin pergi ke ke Bukti Waryong di hari libur nasional di Korea Selatan karena saat itu tengah diadakan pemilihan lokal 1991. Setelah dikabarkan menghilang, kasus ini berkembang menjadi berita nasional. Presiden Korea Selatan saat itu, Roh Tae Woo bahkah ikut langsung turun tangan dengan memerintahkan 300.000 personil polisi untuk membantu pencarian 5 anak tersebut.

Cerita berlanjut pada tahun 2002, seorang pria yang sedang mencari acorn (buah/biji pohon ek) menemukan banyak tengkorak di area gunung yang telah beberapa kali diperiksa oleh para petugas. Awalnya polisi menyimpulkan anak anak itu tewas akibat hipotermia, tetapi orang tua dari para anak tersebut tidak menerima kesimpulan itu dan menuntut adanya pemeriksaan menyeluruh. Hingga akhirnya forensik menemukan bahwa anak-anak tersebut meninggal karena dibunuh dengan cara dipukul bertubi-tubi di bagian kepala dan salah satunya ditembak dengan shotgun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here