Profil Bilqis Prasista, Ternyata Anak Pebulu Tangkis Legendaris Indonesia!

0

Nama Bilqis Prasista mendadak ramai diperbincangkan masyarakat setelah memenangkan pertandingan melawan Akane Yamaguchi di Thomas Uber Cup dalam Grup A Piala Uber 2022. Persaingan sengit ini berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/22).

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang masih berada di ranking 333 itu mampu mengalahkan Akane Yamaguchi yang berstatus peringkat pertama dalam laga terakhir grup A Piala Uber 2022. Bilqis Prasista mampu menyabet dua gim sekaligus dengan capaian skor 21-19 dan 21-19.

Untuk meraup skor dalam dua gim pertandingan tersebut, Bilqis Prasista menumpahkan seluruh semangatnya. Walapun dalam sesi pertandingan, atlit muda yang berusia 18 tahun tersebut sempat tertinggal enam poin. Namun dirinya tetap berusaha mati-matian untuk menancap gas dari ketertinggalan itu.

dokumen djarum badminton

Hasil bercucur keringat pun berbuah manis hingga akhirnya penacarian informasi mengenai Bilqis Prasista diburu masyarakat agar mengenal lebih dalam. Jadi siapa Bilqis Prasista sebenarnya?

Bilsqis Prasista ternyata merupakan anak dari pasangan pebulu tangkis legendaris Indonesia juga yaitu Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. Joko Supriyanto adalah mantan pemain pelatnas di era 90-an dan salah satu prestasi tertingginya ialah menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra.

Zelin Resiana merupakan ibu dari Bilqis, pun aktif menjadi atlit wanita Indonesia pada awal tahun 90-an. Sang ibu pula bergabung ke dalam tim putri Indonesia dan menjuarai Uber Cup tahun 1994 dan 1996. Wah.. darah bulu tangkis memang mengalir kepada Bilqis dari sejak kecil.

Lebih mengejutkan lagi, Bilqis Prasista rupanya memiliki saudara kembar yang namanya hampir mirip yakni Bilqis Pratista. Keduanya lahir di Magelang, 24 Mei 2003 dan sama-sama bermain bulu tangkis dengan bergabung di klub PB Djarum pada 2018. Hayo… para publik jangan sampai ketukar ya.

Namun, yang berhasil menembus Pelatnas PBSI adalah Bilqis Prasista pada tahun 2020. Di sini ia mampu mencuri perhatian tim pelatih PBSI setelah memenangkan beberapa pertandingan di ajang bergengsi.

Perempuan berzodiak Gemini itu pernah menjuarai Juara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), kemudian ia Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019. Selain itu ia memenangkan kompetisi di Bangladesh Junior International Series 2021 hingga menjadi Runner up Denmark Junior.

Namanya pun semakin harum, Bilqis bergabung menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 lalu. Adanya pebulu tangkis tunggal putri ini merupakan kebanggan bagi bangsa dan masyarakat, khususnya para pecinta bulu tangkis. Maju terus olahraga Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here