Potret Kenangan Bersama Bintang India di Perayaan Raksha Bandhan

0

Dua tahun sudah pandemi melanda. Mengubah semua tatanan kehidupan dan cara kita berinteraksi. Hari-hari yang dulu diwarnai dengan kedatangan artis-artis India ke Jakarta silih berganti, tiba-tiba terhenti begitu saja. Sekejap hampa. Menyisakan sepenggal rindu di hari-hari yang serba terbatas.

Minggu 21 Agustus nanti adalah hari Raksha Bandhan di India. Sebuah perayaan untuk mengikat tali kasih dan persaudaraan antara kakak adik atau sahabat, yang populer di kalangan warga India dan diselenggarakan setiap Agustus. Biasanya kakak dan adik saling mengikat tali atau gelang di pergelangan tangan saudara sebagai simbnol dari ikatan dan perlindungan.

Ini menggingatkan saya akan  perayaan Rakhsha Bandhan  4 tahun lalu, di kala banyak artis India menetap di Jakarta. Salah satu artis itu, yakni Ankit Bathla—bintang serial Thapki–mengundang saya ke perayaan Raksha Bandhan atau Rakhi yang dia adakan di apartemennya, di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Undangan ke Apartemen Bintang Thapki, Bertabur Artis

Ankit Bathla, Mrunal Jain, Vishal Singh, Shakti Arora, dan Arjit Taneja saat makan bersama usai ritual Raksha Bandhan, di apartemen Ankit Bathla

Wow, undangan khusus. Ankit mengundang saya sebagai teman saat itu. Jauh sebelum Ankit Bathla datang ke Jakarta, beruntung saya sudah berinteraksi lewat WhatsApp dengannya. Salah seorang teman artis India lainnya, yakni Ravi Bhatia yang memberikan nomor teleponnya pada saya. Jadi, ya, kami sudah saling mengenal sebelum ia diundang ke Jakarta oleh ANTV.

Hati merasa senang. Tersanjung, ya sedikit tersanjung. Apalagi begitu tiba di apartemennya, saya mendapati ada banyak artis India lainnya, yang lagi digilai oleh kaum hawa. Pintu apartemen terbuka. Di dalam sana terlihat Shakti Arora (Ranveer dan Ishani, Silsila) dan orang tuanya. Senyumnya menyambutku. “Hai, Vallesca,” sapanya.

“Hai Shakti,” kataku.  Masih teringat dalam memori, saya menghampirinya, bersalaman dengannya, juga dengan orang tuanya. “Shakti, kamu kok ingat nama saya dan menyebutnya dengan benar. V-A-L-L-E-S-C-A. Kebanyakan artis India kesulitan menyebut nama saya,” kataku lagi.

Ankit bahkan selalu salah mengucapkan namaku. Dan Shakti saat itu mengajari Ankit bagaimana mengeja namaku dengan benar. 

Tak hanya Shakti, di sana juga ada Arjit Taneja (Lonceng Cinta), Mrunal Jain (Uttaran) dan Istrinya, serta Vishal Singh (Gopi). Nama-nama ini di tahun 2017 adalah nama-nama yang mengundang histeria wanita. Tampan, berdada bidang, perut sixpacks, berotot. Ah, Hati berseri, senyum merekah berada di antara para idola ini. Kami makan bersama, merayakan bersama, dan tertawa bersama. Orang-orang yang biasa dilihat di TV ini, mengobrol dan menjelaskan makna Rakshan Bandhan itu padaku. Tak ada jarak. Seperti teman, dan keluarga.

Mengikat Tali Persaudaraan “Raksha Bandhan”

Raksha memiliki makna perlindungan dan bandhan ikatan. Setiap tahun, umumnya setiap adik perempuan di penjuru India berkunjung ke kediaman kakak laki-laki. Para adik perempuan ini mengikatkan gelang tali yang disebut rakhi ke pergelangan tangan kakak laki-laki, sebagai lambang perlindungan, cinta, kesejahteraan, dan kebahagiaan. 

Perayaan Rakhi juga diperuntukkan bagi perempuan dan laki-laki yang bersahabat demikian dekat layaknya kakak adik. Pada perayaan Rakhi kali ini, adalah Sweety, istri Mrunal Jain (Uttaran) yang memasang gelang rakhi pada tangan Ankit. 

Salah satu rangkaian ritual Raksha Bandhan. Sweety Jain (Istri Murnal Jain) mengikat tali persaudaraan dengan Ankit Bathla

“Ada sejarah di balik perayaan ini. Bertahun-tahun lalu, saat banyak penguasa mencoba menginvasi India, ada seorang ratu yang mencoba mencari perlindungan. Dia pergi menemui penguasa Kekaisaran Mughal serta mengikatkan gelang yang terbuat dari benang sutra dan berlian ke tangan Sang Kaisar. Lalu Ratu berkata kepada Kaisar, sejak hari itu mereka memiliki ikatan kakak adik. Ratu juga mendoakan kebahagiaan dan kesuksesannya. Dari sanalah semua bermula,” papar Ankit. 

Ratu itu adalah Rani Karnavati, penguasa sementara Kerajaan Mewar—kini bagian dari Negara Bagian Rajashtan—pada abad ke-16. Sementara kaisar yang dimaksud Ankit adalah Humayun, Kaisar Mughal ke-2. 

“Biasanya di India saya melilitkan gelang rakhi ke tangan kakak saya. Namun karena kini saya berada di Indonesia mendampingi suami, saya melilitkannya ke tangan Ankit. Dia sudah seperti saudara dan, ya kami kini kakak adik. Dengan ikatan ini, saya mendoakan kebahagiaan, kesuksesannya, dan semoga dia cepat menikah,” ucap Sweety. 

“Ini gelang rakhi yang cantik, ada berliannya. Saya beruntung mendapatkan satu gelang lagi. Di India, banyaknya rakhi menentukan banyaknya keberuntungan Anda. Ini juga berarti Anda punya banyak adik dan perlindungan. Lihat, saya memakai enam rakhi saat ini. Artinya saya sangat-sangat beruntung, karena ada enam adik yang senantiasa mendoakan saya,” ungkap Ankit.

Makan-makan syantik di apartemen Ankit Bathla

Perayaan hati itu berlangsung singkat, namun hangat. Ditutup dengan makan siang bersama di apartemen. Di sela makan siang, Vishal dan Arjit sibuk menerima telepon dari adik perempuan mereka yang mengungkap rasa cinta dan rindu. Masa-masa itu…. Kapan semua kan kembali seperti sedia kala?

(#Throwback- Vallesca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here