Nikmati 3 Spot Olahraga Murah di Kawasan Elite Menteng

2

Olahraga tanpa tiket masuk sepeser pun alias gratis dan bisa membawa seluruh anggota keluarga? Taman adalah pilihan yang tepat untuk tujuan yang satu itu!, Asoyyyy! Satu hal yang pasti, jagalah kebersihan, tetap pakai maskernya dan jaga jarak ya bunda!

Taman Suropati

Taman yang satu ini awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein, pada awalnya nama taman ini diambil dari nama wali kota Batavia pertama, G.J. Bisshop (1916–1920). Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol). Tempat yang satu ini nampaknya merupakan taman paling populer saat ini. Banyak sekali yang berkunjung kemari, terutama hari Sabtu dan Minggu. Selain berolahraga, banyak juga komunitas yang berkumpul, seperti komunitas pemusik dan photography menjadikan taman ini menjadi tempat pertemuan mereka.

Tidak hanya bentuk rupanya yang sudah mengalami beberapa kali pemugaran sehingga menjadi bagus seperti sekarang ini. Bisa jadi karena karena posisinya yang di seputaran rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, rumah duta besar India dan Amerika, rumah dinas pejabat negara tetangga, jalanan di depannya pun sudah diganti dengan cone block. Ini membuat kendaraan yang melewatinya harus menurunkan kecepatannya. Penerangan di dalam taman sekarang sudah lebih banyak di setiap sudut dan menyala sampai malam sehingga tidak seperti dulu yang gelap gulita dan agak seram. Rerumputan hijau, pohon-pohon rindang, air mancur serta burung-burung taman menjadi pelengkap dari keasrian tempat yang ini.

Sebelum masa PSBB, setiap harinya banyak pedagang minuman, makanan dan pedagang mainan yang juga berkeliaran disekitar sini, tetapi di era pandemi Covid-19 ini, bagian dalam taman tidak boleh dimasuki oleh pengunjung karena alas an untuk menghindari kerumunan. Komunitas juga sudah tidak terlihat berkumpul, tetapi buat kamu yang mau olahraga masih bisa mempergunakan bagian luar dari taman ini untuk jogging.  

Taman (Situ) Lembang

Situ yang satu ini terletak di jalan Lembang ini berada tidak jauh dari Taman Suropati.  Kita tinggal jalan menyusuri Jalan Syamsu Rizal dan berbelok ke kiri di Jalan Lembang. Situ artinya danau yang payau, sedangkan Lembang adalah nama jalan yang berada di dekat taman tersebut.

Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Tidak heran tempatnya memang terasa Asri dan Adem. Sebelumnya masa PSBB berlangsung, Taman yang satu ini juga tidak kalah ramainya di datangi warga untuk nongkrong, bermain dan olahraga. Andalan dari tempat ini adalah danaunya yang Indah dan luas. Kita bisa berjalan mengelilinginya sambal menikmati rindangnya pohon dan indahnya senja terbenam. Danaunya sendiri masih berisi ikan dimana banyak para pemancing mangkal disini sepanjang hari. Fasilitas mainan anak juga tersedia disini membuat semakin banyak ibu dan bapak membawa anak-anak kecilnya bermain kemari.

Disini juga ada banyak dipelihara bebek dan dibiarkan berkeliaran bebas. Buat kamu yang berminat olahraga ditempat ini, akan lebih mudah untuk mengaksesnya bila berjalan kaki, berhubung tempatnya yang berada di perumahan warga, maka kamu harus minta ijin kepada keamanan setempat untuk memasuki kawasan taman ini, karena akses jalannya yang diportal. Sama seperti taman sebelumnya, selama pandemi area dalam taman masih ditutup sehingga kita hanya bisa berolahraga di bagian luar taman tersebut. Walaupun begitu tetap tidak mengurangi rasa asyik berolahraga di pagi hari atau sore hari yang Indah karena tempatnya bikin pewe dan setiap jam lima sore kita akan disuguhi air mancur yang menyala 

Taman Menteng

Wahh ini adalah taman terluas dan terlebar yang pernah Saya datangi! Letaknya ada di bekas Stadion bola Persija yang sempat mengalami banyak kendala sebelum dan ketika pembangunannya. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektar, dan memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda. Taman Menteng juga memiliki beragam fasilitas pendukung seperti taman bermain untuk anak-anak serta lapangan futsal dan basket. Uniknya, di taman ini terdapat pula 44 sumur resapan untuk membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah. Letaknya tidak begitu jauh dari Taman Suropati bila kita berjalan kaki memotong di Jalan Besuki akan langsung sampai di jalan HOS Cokroaminoto dan tinggal berbelok ke kanan. Di taman ini ada beberapa rumah kaca menambah estetik tempat.

Pohon-pohon disini tidak begitu rindang, tetapi tanaman rendah serta bunga-bungaan menghias setiap sudut taman dengan indahnya ditambah dengan air mancur yang jumlahnya lebih dari tiga buah. Taman ini juga dilengkapi dengan lapangan futsal mini dan lapangan basket mini, serta permainan anak-anak seperti ayunan. Menjelang sore akan ada banyak pedagang makanan di sisi hotel sebelah taman, kita tinggal jalan sedikit dan ada banyak pilihan jajanan yang bisa kita nikmati. Tidak hanya itu saja, ada beberapa resto cepat saji, bakery, coffe shop yang letaknya persis di seberang jalan taman ini. Selama  Pandemi banyak petugas menjaga tempat untuk memastikan tidak ada kerumunan tanpa jarak.

2 COMMENTS

  1. mantap, nice post, terbaik, informasi yang sangat berguna, terima kasih telah berbagi, keren bos.. keren juga fotonya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here