Mantan Peserta “Produce 48” Ungkap Bagaimana Rasanya Dieliminasi Secara Tidak Adil dari Line Up Akhir IZ*ONE

2

Pada tahun 2019, skandal manipulasi suara yang melibatkan reality show kompetisi besutan kanal televisi Mnet mengguncang dunia hiburan Korea Selatan. Insiden tersebut menyertakan seri Produce 101 dan Idol School, yang diproduksi untuk membuat grup K-Pop dengan anggota yang dipilih berdasarkan suara penonton.

Kecurigaan penonton diawali dari musim terakhir seri Produce 101, yaitu Produce X 101, dimana beberapa pemirsa curiga bahwa total suara dimanipulasi setelah memperhatikan pola numerik pada final acara tersebut yang digelar pada bulan Juli 2019.

Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum, produser untuk seri Produce 101, ditangkap pada 5 November 2019. Ahn Joon Young kemudian mengaku memanipulasi peringkat untuk keempat musim seri Produce 101. Pada 3 Desember 2019, kedua produser acara tersebut dan enam perwakilan agensi hiburan lainnya didakwa atas tuduhan menghalangi bisnis, penipuan, dan penyuapan.

Salah satu peserta Produce 48, yang merupakan musim ketiga dari seri Produce 101, Han Chowon, mengungkapkan perasaannya setelah tereliminasi secara tidak adil dari final line up IZ*ONE pada tahun 2018. Chowon yang baru saja memulai debutnya bersama girl group baru besutan Cube Entertainment, LIGHTSUM, seharusnya berada di peringkat ke-6 pada episode final, sebelum Mnet merubah peringkatnya ke posisi 13, yang menyebabkan ia gagal untuk debut bersama IZ*ONE.

Mengingat bakatnya sekarang, mungkin mengejutkan bagi mereka yang tidak menonton Produce 48. Pada awal episode, Chowon memulainya dengan buruk dan hanya mampu berada di peringkat ke-64. Pada episode ke-3, peringkatnya semakin jatuh ke posisi 88. Namun, pada episode ke-8 Chowon membalikkan keadaan secara dramatis ketika posisinya merangsek naik ke peringkat 8.

Han Chowon paling kiri saat final Produce 48

Berkat popularitasnya yang tinggi selama acara berlangsung, pemirsa yakin Chowon akan berhasil masuk ke dalam line up final IZ*ONE. Namun para penggemarnya kecewa saat mengetahui bahwa Chowon berada di posisi 13, gagal debut dengan jarak hanya 1 peringkat. Setelah skandal manipulasi suara yang dilakukan Mnet terungkap, pengadilan Korea mengkonfirmasi bahwa Chowon sebenarnya berada di peringkat ke-6 pada episode terakhir dan seharusnya ia lah yang berhak debut bersama IZ*ONE.

Sekarang, Chowon telah membuka diri tentang bagaimana perasaannya setelah mengetahui bahwa dia telah dieliminasi secara tidak adil dari acara tersebut. “Bohong jika saya mengatakan saya tidak merasakan kekecewaan atau rasa kalah,” ungkap Chowon pada konferensi pers debut LIGHTSUM. Dia melanjutkan dengan mengatakan, “Pada saat itu, saya merasa bingung dan merasa semua ini benar-benar tidak adil.

Walaupun Chowon sempat melakukan debut melalui film Bully Bad Guys pada Maret 2020, ia tidak mendapatkan kesempatan lain untuk menunjukkan kemampuannya dalam hampir tiga tahun setelah final Produce 48. Karena itu, tidak mengherankan jika Chowon merasa sedih dengan kerugian besar yang dia derita di tangan produser Mnet yang tidak bermoral.

Namun demikian, Chowon telah mengubah sikapnya menjadi positif dan penuh tekad. “Sekarang,” dia menjelaskan, “Saya senang dan bersemangat bahwa saya bisa debut sebagai anggota LIGHTSUM.” Selain itu, dia mengungkapkan bahwa dia sangat antusias untuk tampil dengan Nayoung dan Yujeong, yang sempat berkompetisi bersamanya di Produce 48. “Terutama karena kami tidak pernah tampil bersama untuk pemirsa,” cerita Chowon.  Ia pun menambahkan, “Saya tidak sabar untuk menunjukkan semua yang telah kami persiapkan kepada para penggemar yang mendukung debut kami.”

Hanya dalam 3 hari, video musik debut LIGHTSUM telah melampaui 5 juta view. Tonton “Vanila” di sini:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here