Mager di Rumah Ditemenin Podcast Horor Terbaik

0

Masa PPKM belum usai, pandemi juga belum berakhir dan kita semua masih harus menjaga prokes bila ingin keluar rumah dengan dengan 5M : mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Nah, daripada was-was tiap mau keluar rumah, untuk sekarang ini lebih baik lebih banyak stay at home dulu sambil menyari hiburan alternatif dirumah. Contohnya, kamu bisa menyimak cerita-cerita hantu yang seru dari beberapa Podcast ternamaKegiatan yang satu ini pasti seru sekali karena bisa dinikmati bareng abang, kakak, adik, bahkan orangtua.

Pada dasarnya Podcast persis seperti siaran radio yang setiap hari kita simak di jaman sekolah dulu tetapi ini adalah versi digitalnya  Podcast bisa didefinisikan sebagai siaran audio yang diunggah ke berbagai media dan platform, yang bisa didengarkan setiap saat setelah file yang dimiliki tersimpan dalam arsip. Kamu juga bisa pilih yang mana mau didengarkan dulu dan mana yang mau di skipsaja ?

Pada tahun 2018, Daily Social dan JakPat Mobile Survei Platform mensurvei untuk mengetahui tanggapan masyarakat Indonesia terhadap podcast. Survei ini dilakukan terhadap 2023 pengguna ponsel cerdas di Indonesia dan hasilnya menyebutkan bahwa sebesar 67,97% responden sudah kenal dengan media podcast. Sebesar 80,82% responden juga mendengarkan dalam 6 bulan terakhir. Pada survei yang dilakukan oleh Hafied (2020) dalam Suarane.org menyebutkan bahwa pendengar podcast mayoritas masih berada di Pulau Jawa dengan persentase 40,3% berasal dari DKI Jakarta dan 21,3% berasal dari Jawa Barat. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat telah menggunakan podcast sebagai alternatif media dalam menikmati konten audio.

Buat dengerin cerita-cerita hantu di Podcast kamu tinggal unduh aplikasi ‘Spotify’di Google Play atau App Store dan ‘Cari’ podcast atau topik yang mau ingin dengarkan. Kabar baiknya, kamu bisa dapatkan semua dengan gratis di platform ini, mantab kan! Selain ceritanya yang seram , pembaca ceritanya juga gak kalah seru, benar-benar bikin terhanyut mendengarkannya. Berikut rekomendasi TOP 4 Podcast Horror berdasarkan popularitasnya :

  1. Do You See What I See (DYSWIS): Bisa dibilang ini adalah pelopor podcast horror mengenai kejadian seram sehari-hari dan diceritakan ulang dengan gaya narasi yang berbeda-beda. Semua cerita dikurasi oleh @mizter.popo yang sempat trending muncul beberapa kali di saluran Youtube penulis dan komedian terkenal, Raditya Dika. Di kala itu dia membagi pengalamannya tinggal di rumah eyang di Yogyakarta yang penuh dengan peristiwa mistis. Sampai bulan Juli 2021, DYSWIS sudah mencapai episode ke-575 dan setiap kisah berasal dari banyak daerah di Indonesia sehingga setiap pembawa cerita punya keunikan masing-masing. Kabarnya DYSWIS juga sudah mengeluarkan buku, gim dan sudah dikontrak oleh salah satu rumah produksi untuk mengangkat ‘Rumah Eyang’ ke film layar lebar. Saat ini, proses tersebut dalam tahap pengembangan naskah. Yuk simak langsung cerita-cerita horornya, dijamin bikin kamu gak berani ke WC sendiri malam ini!

2. Podcast Bagi Horror: Dibawakan oleh Pradipta Arga atau dikenal @argasays, podcast monolog ini membawakan cerita horor, mitos, hingga legenda Indonesia. Podcast ini mulai ramai didengarkan karena membawakan cerita dari beberapa thread dan biasanya mempunyai cerita bersambung sampai beberapa episode. Rumah Dinas, Jalan Setapak di Tengah Hutan adalah beberapa dari serial yang cukup banyak didengar. Sama seperti teman-temannya, Bagi Horrorjuga menerima cerita horor dari pendengar yang bisa langsung kamu kirim ke podcastbagihorror@gmail.com atau melalui Twitter @bagihorror. Kalau menarik pasti akan dibacakan langsung dan diikuti oleh para sobat horror. Bagi kamu yang penasaran langsung simak deh episode barunya yang berjudul Indigo? Chapter 1. Pasang headset kalian, tutup pintu, matikan lampu, podcast bagi horror siap membagikan ceritanya. Selamat mendengarkan!

3. Podcastery Jurnalrisa: Setelah dikenal luas lewat kanal youtube, Jurnalisa,  tim yang memang pawangnya kisah-kisah horrorini, tidak mau ketinggalan meramaikan dunia podcast dan cerita seram yang lagi hits ini! Podcast Jurnalrisa menawarkan cerita horor, mitos, dan misteri Indonesia , dipandu oleh Risa Saraswati yang sudah dikenal sebagai salah satu public figure indigo paling populer di Indonesia. Selain itu, Risa juga pernah menjadi vokalis band yang merilis beberapa album serta pernah menerbitkan banyak novel seram yang diantaranya diangkat ke layar kaca seperti Danur dan Asih. Setiap episode podcast dibawakan monolog bergantian oleh para personel regular Jurnalrisa berdasarkan pengalamannya masing-masing ada ; Risa Saraswati, Ranggana Purwana, Nicko Irham, Riana Rizki, Abimanyu, Indy Ratna, Dimasta, Rai Sekar dan Gemma Galuh, serta bintang tamu seru lainnya semua ada disini. Di Bulan Juli 2021, episode ke-44 dihadirkan dengan judul ‘Penampakan di Pasar Malam’. Jadwal tayangnya kamu bisa tungguin setiap Senin, Rabu dan Jumat eksklusif hanya di Spotify

4. Podcast Malam Kliwon: Podcast horror satu ini berbeda dari ‘kakak-kakak’-nya, karena tema yang diusung adalah seperti dua penyiar radio yang saling berinteraksi sambil membacakan cerita-cerita yang sudah masuk ke email mereka. Kamu dijamin gak bakalan bosen mendengarkan suara ngebass Bimo Kusumo (@bimoky), seorang Voice Over Talent yang mulai naik daun, berduet dengan Ramadhanu (@ramarizk) yang membacakan ulang pengalaman horor dengan durasi kurang lebih 40 menit. Tidak jarang keduanya mengeluarkan lelucon konyol yang membuat suasana tegang menjadi cair kembali. Sampai Bulan Juli 2021, podcast mereka sudah memasuki episode ke-200 dengan memberikan episode spesial durasi #200menitgentayang dan sudah pasti dipenuhi cerita hantu menarik!  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here