Kisah Inspiratif Hanna, Remaja yang Berhasil Tangkap Peluang Usaha lewat Mitra Shopee

0

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan derasnya inovasi, generasi muda dituntut untuk lebih aktif, cakap digital, mampu bersaing dan berjiwa kreatif. Hal tersebut dilakukan agar anak muda mampu menangkap segala peluang yang ada guna mengembangkan diri khususnya di tengah masa sulit pandemi ini, juga sejalan dengan tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021: Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh. Langkah tersebut yang dilakukan oleh Fitri Hanna, mahasiswa muda asal Jakarta Selatan, yang selama masa pandemi aktif mencari peluang usaha sebagai Mitra Shopee untuk mengisi waktu luang sembari berkuliah daring dari rumah. Berkat bergabung menjadi Mitra Shopee, ia berhasil memiliki pemasukan tambahan untuk menabung atau membeli barang.

Mitra Shopee merupakan sebuah aplikasi digital bagi pelaku UMKM yang membantu masyarakat dalam mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan berbagai tagihan. Aplikasi ini dimanfaatkan oleh sosok yang akrab disapa Hanna tersebut untuk menyalurkan semangat wirausahanya yang tinggi dan rasa pantang menyerah. Sejak dulu, Hanna sangat aktif mencari peluang bisnis dan sempat berjualan produk kecantikan secara online dengan kakaknya, namun bisnis tersebut ternyata bukan jalan rezeki Hanna.   

Dengan situasi yang mengharuskan banyak hal dilakukan secara daring, Hanna menyadari bahwa pulsa dan kuota internet merupakan kebutuhan masyarakat yang semakin dibutuhkan. Dengan bekal pengalaman berjualan pulsa yang sebelumnya pernah ia tekuni saat masih di bangku sekolah menengah, ia mulai mencari informasi keagenan untuk berjualan pulsa dan produk digital dan menemukan layanan Mitra Shopee di awal tahun 2020. 

“Awalnya aku sempat takut dengan pendapat teman-teman saat akan memulai usaha berjualan produk digital, namun aku berpegang teguh pada komitmenku untuk menekan rasa gengsi dan fokus pada targetku untuk punya usaha dan menabung. Aku terdorong untuk bergabung sebagai Mitra karena melihat peluang bisnis yang mudah dan bagus, serta harga berbagai produk yang lebih murah. Sebagai pengguna aktif Shopee yang sering berbelanja menggunakan ShopeePay, aku sudah merasakan sendiri betapa mudahnya menggunakan layanan tersebut, dan saat itu aku yakin aplikasi Mitra Shopee menawarkan kemudahan yang sama untuk berbisnis,” ujar Hanna

Setelah bergabung sebagai Mitra Shopee, Hanna juga mengintegrasikan layanannya dan memasang banner di toko kelontong milik orang tuanya sehingga ia bisa mempermudah tetangga yang ingin membeli produk digital di tokonya sembari tetap melayani pelanggan dari lingkaran pertemanannya. Hanna menuturkan bahwa semakin lama semakin banyak tetangga dan kenalannya yang memilih untuk bertransaksi di toko atau langsung melalui WhatsApp karena respon yang cepat dan harga yang terjangkau. Kini, Hanna masih setia hanya menggunakan aplikasi Mitra Shopee dan menyebutkan bahwa di waktu ramai, ia bisa menjual pulsa hingga ke 50 pelanggan dalam sehari dan mendapat omset yang cukup besar dalam sebulan.

Dalam momen hari Sumpah Pemuda, berikut adalah beberapa tips yang diberikan Hanna untuk menginspirasi anak muda lainnya agar lebih kreatif dan berani memulai usahanya sendiri:

  • Singkirkan gengsi, bangkit dengan inovasi

Untuk anak muda, saat ini juga bukan lagi waktunya untuk mengedepankan rasa gengsi. Jangan pernah takut untuk memulai usaha dan berinovasi. Proses awal dalam membangun usaha pasti akan sangat menantang, untuk itu kegigihan harus selalu ditanamkan di dalam diri kita. Hanna merasakan banyak tantangan di awal mula berjualan sebagai Mitra Shopee, namun ia aktif bergabung dengan komunitas Mitra Shopee di kanal media sosial Facebook untuk mendapat inspirasi cara menarik lebih banyak pelanggan dan bisnisnya mulai berkembang sejak itu.

  • Pintar cari peluang usaha

Di era yang serba digital saat ini, banyak peluang usaha bisa dilakukan dengan modal minim dan hanya dari rumah. Langkah yang harus dilakukan adalah melihat kebutuhan dari tetangga atau masyarakat di sekitar dan perhatikan juga tren yang sedang ada. Setelah itu, bisa pilih mana yang paling sesuai untuk dilakukan. Adopsi pembayaran digital dan penggunaan platform digital juga menjadi kunci untuk menyasar masyarakat yang juga semakin familiar dengan transaksi digital. 

  • Aktif dalam promosi

Dalam memperluas jangkauan usaha, salah satu yang harus dilakukan adalah aktif dalam mempromosikan produk atau layanan yang kita sediakan ke target konsumen. Promosi bisa dilakukan lewat banyak kanal seperti media sosial. Dengan cara ini, kita bisa terus mengembangkan bisnis yang kita miliki menjadi semakin besar.

Selain fokus dalam menjalankan usaha sebagai Mitra Shopee, Hanna juga sering berbagi informasi tentang kemudahan dan keuntungan sebagai Mitra Shopee. Bahkan banyak saudara dan teman yang juga bergabung menjadi Mitra Shopee setelah mendengar cerita darinya. Hanna percaya bahwa sebagai generasi muda, ia mempunyai kekuatan untuk membawa kontribusi positif bagi sekitarnya dan ingin mengajak semakin banyak orang untuk melakukan hal yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here