Ini Dia Kekuatan dan Kelemahan MORBIUS, “The Living Vampire” Karakter Baru Dari Marvel!

1
morbius

Segera tayang di bioskop pada 1 April 2022 mendatang, Morbius yang dibintangi oleh Jared Leto memiliki nama lengkap Morgan Michael Morbius, diciptakan oleh Roy Thomas dan Gil Kane pada tahun 1971. Menyandang predikat The Living Vampire, Morbius adalah salah satu karakter komik paling kompleks dalam semesta Marvel dan sering disangka sebagai tokoh Villain.

Michael Morbius adalah seorang ahli biokimia jenius peraih Hadiah Nobel yang menciptakan pengobatan untuk penyakit kelainan darah yang dideritanya sejak kecil. Namun, alih-alih sembuh, ia justru berubah menjadi Vampir hidup.

Namun tidak seperti Count Dracula – kiblat cerita Vampir masa modern (Vampir yang didefinisikan oleh Bram Stoker dalam novel Dracula- tahun 1897), Morbius bukanlah Vampir yang sarat unsur mistis karena sumber transformasi Morbius menjadi Vampir adalah proses ilmiah. Inilah yang membuat Morbius unggul.

Sebagai Vampir jadi-jadian, memang Morbius mengalami perubahan fisik, punya kemampuan super yang dimiliki Vampir dan membutuhkan darah untuk dikonsumsi agar bertahan hidup. Namun ia tidak punya kelemahan Vampir sejati.

Lantas apa saja kekuatan dan kelemahan The Living Vampire ini?

KEKUATAN SUPER

Morbius memiliki kekuatan super yang dapat mengangkat beban dengan berat sekitar 680 Kilogram. Namun kekuatannya bergantung penuh pada jumlah dan jenis darah yang telah dicerna olehnya. Sehingga jika ia tidak mengkonsumsi darah, ia tidak akan memiliki kekuatan sebesar ini.

KECEPATAN SUPER

Morbius dapat berlari dan bergerak diatas kecepatan alami atlet manusia.

Dalam wujud barunya sebagai Vampir, tubuh Morbius berubah menjadi seperti monster kelelawar dengan sebagian tulang-tulangnya berongga yang memungkinkan ia dapat mengikuti arus angin sehingga membuatnya dapat terbang.

STAMINA SUPER

Otot-otot tubuh Morbius yang mengalami peningkatan dalam proses transformasinya menjadi Vampir, telah membuat tubuhnya mengalami metabolisme tubuh yang lebih efisien dari manusia normal selama beraktivitas fisik. Ia dapat mengerahkan seluruh kemampuannya hingga batas tertinggi selama beberapa jam.

KETANGKASAN

Seperti Superhero pada umumnya, Morbius memiliki ketangkasan, keseimbangan dan koordinasi tubuh diatas kemampuan manusia, bahkan diatas kemampuan atlet terbaik. Ia juga memiliki refleks tubuh yang sangat baik diatas manusia normal.

Morbius Night Vision

INDERA PENGLIHATAN DAN PENCIUMAN SUPER

Morbius memiliki kemampuan penglihatan dan penciuman jauh melampaui diatas manusia normal. Ia dapat melihat dalam kegelapan total dan dapat mendeteksi infra merah dalam spektrum elektromagnet sehingga ia memiliki kemampuan dapat melihat makhluk hidup dari suhu panas tubuhnya alias night vision!

Kemampuan indera penciuman Morbius juga mengalami peningkatan, ia mampu mendeteksi aroma darah dari jarak jauh, berkilo-kilometer jauhnya.

TIDAK LEMAH TERHADAP SINAR MATAHARI, BAWANG PUTIH DAN BENDA SUCI

Berbeda dengan Vampir sejati yang tidak tahan dengan sinar matahari, bawang putih dan benda-benda suci, Morbius tidak memiliki kelemahan terhadap sinar matahari, bawang putih, dan benda suci.

Keunggulan ini dimilikinya karena ia bertranformasi menjadi Vampir bukan karena unsur mistis, melainkan ilmiah. Jadi tidak masalah bagi Morbius untuk keluar di pagi hari atau siang bolong saat sinar matahari sedang terik-teriknya.

REGENERASI SEL

Walaupun ia kebal terhadap kelemahan Vampir sejati, Morbius tidak kebal terhadap benda-benda tajam ataupun peluru. Ia dapat terluka seperti manusia pada umumnya.

Namun, karena memiliki kemampuan regenerasi sel tubuh yang cepat, maka sel yang rusak atau terluka dapat segera pulih. Ingat kemampuan Wolverine? Kurang lebih Morbius seperti ini jika terluka.

Sayangnya, tubuh Morbius hanya dapat berregenerasi saat tubuhnya telah mengkonsumsi darah yang cukup.

EKOLOKASI

Seperti kelelawar, Morbius memiliki kemampuan Ekolokasi atau biosonar. Dengan kemampuan ini Morbius dapat mengidentifikasi keberadaan obyek dan lingkungannya dalam keadaan gelap, ataupun untuk berburu mangsanya.

Seperti di dalam Trailer kamu bisa lihat Morbius mengeluarkan suara ultrasonik yang dipantulkan kembali kepadanya.

HIPNOTIS

Kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan tindakan orang lain alias Hipnotis merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam semesta Marvel. Tokoh karakter Marvel Comics yang memiliki kemampuan ini adalah Professor Xavier dalam X-Men dan Druig dalam Eternals. Masih ingat kan bagaimana kekuatan itu sangat dahsyat?

Salah satu kekuatan Morbius adalah kekuatan hipnotis yang dimilikinya. Bahkan superhero seperti Spider-Man pun tidak dapat menangkal kekuatan yang satu ini. ini artinya, tidak ada seorang pun yang kebal terhadap hipnotis-an Morbius.

KECERDASAN INTELEKTUAL

Seperti Iron-Man yang kekuatan sebenarnya terletak pada kecerdasannya, Morbius pun memiliki hal ini sebagai salah satu kekuatan supernya. Genius adalah kekuatan terbesar Morbius sebagai Superhero.

Sebagai salah satu ahli biokimia terkemuka di dunia dan memiliki pengetahuan tentang kelainan darah, ia mampu menciptakan obat penangkal untuk para Vampir jadi-jadian. Dengan obat penangkal yang ia ciptakan ini, Morbius dapat menyembuhkan orang-orang yang digigit olehnya atau vampir-vampir jahat lain, yang tak lain adalah musuhnya. Saat Morbius menggigit korban, maka mereka akan berubah menjadi Vampir murni, yang hanya haus akan darah namun tidak memiliki kekuatan super seperti Morbius.

Namun ironis, memiliki kecerdasan dan menciptakan obat penangkal tersebut tidak membuatnya dapat menyembuhkan ‘penyakit vampir’ di dalam dirinya sendiri.

KELEMAHAN

Bagi Morbius, satu-satunya kelemahan dan musuh terbesar bagi dirinya adalah dirinya sendiri, karena nafsu tubuhnya akan darah makhluk hidup. Namun tidak mengkonsumsi darah akan membuat keseluruhan tubuh Morbius menjadi lemah dan kemampuan regenerasinya melambat.

*Sumber :

“Morbius the Living Vampire” – Marvel.Com

“Michael Morbius (Earth 616)” – Marvel Fandom

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here