Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Merusak Kulit!

0
sweets

Bagi setiap orang ingin memiliki kulit yang cerah dan bersinar, terutama untuk wanita nih pasti ingin kulitnya terjaga. Pola tidur dan jenis makanan pun biasanya selalu dijaga, apalagi kalau kalian mempunyai alergi atau kulit yang sensitif.

Meskipun sudah menjaga pola makan dan memilih jenis makanan, ternyata ada makanan yang bisa merusak kulit kamu, lho. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi makanan-makanan di bawah ini.

  • Cokelat

Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh semua kalangan usia. Sayangnya, cokelat juga bisa merusak kulit cantik kamu, lho. Cokelat mengandung karbohidrat yang proses metabolismenya sama seperti gula.

Karbohidrat itu menyebabkan munculnya keriput dengan merusak kolagen di kulit. Kandungan gula yang tinggi sering ditemukan di cokelat sehingga dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu respon peradangan tubuh.

  • Daging Merah

Bingung kenapa bisa daging merah bisa menjadi makanan yang bisa merusak kulit? Nah, karena kandungan daging merah termasuk makanan yang tinggi garam, lemak jenuh, dan sulit. Daging merah ini bisa dari daging sapi, daging kambing hingga daging domba.

Itu lah beberapa kandungan yang bisa membuat kulit kamu dehidrasi dan merusak kolagen. Apabila kolagen kamu terganggu, kulit kamu bisa kering, kusam, dan kendur sehingga terlihat lebih tua dari seharusnya.

  • Permen

Sama halnya dengan cokelat dan makanan manis lainnya, permen juga menyebabkan kulit kamu rusak. Lagi-lagi, kadar gula darah bisa menyebabkan kolagen meradang hingga akhirnya merusak sel-sel kulit. Nggak cuman itu, gula dari permen bisa menempel di mulut serta menyebabkan gigi kuning dan keropos.

  • Gorengan

Nah lho gorengan! Gorengan memang makanan mengunggah selera banget ya ladies, atau bahkan ada yang nggak bisa hidup tanpa gorengan? Aduh yuk kurangin, segala sesuatu makanan yang digoreng itu nggak baik, lho untuk kesehatan.

Terlebih lagi, untuk kamu yang kerap kali menjaga pola makan, jangan terlalu sering mengonsumsi gorengan. Gorengan ini bisa melepaskan radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel pada kulit.

  • Makanan Glikemik Tinggi

Makanan glikemik tinggi ini adalah makanan seperti roti putih, kentang atau pasta. Nah, rupanya makanan-makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa merusak kulit. Oh no! dilansir dari Halodoc, makanan-makanan tersebut bisa menimbulkan jerawat.

Kandungan gula pada makanan tersebut bisa memicu proses glikasi, maksudnya adalah molekul gula bisa menempel pada kolagen kuliy sehingga dapat mengeras dan pecah, akhirnya menimbulkan keriput pada kulit.

Nah, itu adalah 5 makanan yang bisa merusak kulit kamu. Semua makanan baik dikonsumsi, tetapi jangan dikonsumsi secara berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik ya, ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here