Habis PPKM, Jalan-jalan lagi ke Bandung Asik Nih!

0

Bersamaan dengan diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang ditetapkan pada 3-20 Juli 2021, sejumlah pelaku industri dan dinas pariwisata kembali menutup usahanya setelah baru membuka kembali untuk beberapa minggu saja. Pemerintah harus mulai menyusun strategi agar para pekerja dibidang ini tidak terus-terusan terpuruk karena sektornya terkena imbas cukup besar dan dampaknya dirasa sangat berat untuk para pekerjanya. Buat yang masih dirumah aja, kita berharap yang terbaik agar pandemi ini cepat berlalu dan hidup bisa berjalan normal lagi. Susun dulu yuk ladies, rencana plesiran kita selanjutnya ke Bandung selanjutnya. Selalu terapkan dalam protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak yang ketat) supaya aman dan nyaman sepanjang hari ya ladies. Rencana perjalanan dibawah ini bisa jadi panduan kamu untuk liburan selanjutnya.

  1. Glamping

Istilah ini merujuk ke Glamour Camping, dengan konsep memadukan perkemahan ke dalam fasilitas yang semewah di sebuah kamar hotel. Mengutip dari highlandcamp.co.id, “Sultan Ottoman membangun tenda-tenda mewah dan megah layaknya istana yang bisa diangkut, tenda tersebut dihiasi dengan sutra dan bahan-bahan mahal lainnya”. Hal Ini dianggap sebagai awal mula lahirnya glamping. Gaya wisata yang bisa dibilang baru ini cocok sekali dimasa pandemi, karena selain bisa menikmati alam, kamu juga dapat beristirahat dengan nyaman di malam harinya. Setiap tenda biasanya sudah dilengkapi Kasur springbed dan selimutnya yang hangat, kamar mandi dengan air panas sampai set menu makan pagi, siang dan malam yang sudah termasuk di dalam paket. Lokasi glamping yang biasanya asri juga cocok banget dengan situasi serba jaga jarak ini. Kamu bisa menghirup udara segar dan sejuk karena rata-rata berdampingan dengan objek wisata alam disekitarnya. Banyak sekali lokasi dimana Glamping bertebaran, mulai dari Ciwidey sampai Lembang. Harga yang bervariasi bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih tempat mana yang paling sesuai dengan kantong. Beberapa tempat glamping yang populer dan memiliki reputasi yang baik diantaranya : Glamping Lakeside Rancabali, Trizara Resort Glamping Lembang, Mulberry Hill by The Lodge, Glamping Legok Kondang Lodge, dan Maribaya Glamping Tent.

  1. Wisata Off Road

Buat kamu yang mencari pengalaman yang seru, mendebarkan, menantang adrenalin, sepertinya kegiatan bermobil satu ini bakalan cocok deh. Off road itu adalah jenis olahraga otomotif yang menggunakan mobil penggerak 4 roda. Jenis-jenis mobil yang biasanya digunakan adalah sejenis mobil Jeep atau Sport Utility Vehicles (SUV) seperti Four Wheel Drive (4 WD). Memang kenapa harus jenis ini sih? Karena medan jalan yang dilalui itu bukan jalan aspal mulus biasa ya gengs! Jalanan rusak atau sengaja di rusak (beda tipis hehe) untuk kepentingan wisata, supaya makin seru, bertanah merah, lengket, berbatu, berkubang air dan lainnya. Sebelum memasuki areal permainan off road yang bisa dibilang cukup ekstrem ini, kita akan melalui jalan biasa, naik dan turun jalanan pegunungan yang berliku. Begitu memasuki areal perhutanan yang dijadikan lokasi off road, maka perjalanan penuh drama ini akan segera dimulai! Mari berdoa dan rapatkan pegangan tangan teman-teman ! Jalur yang dilalui oleh mobil yang kita tumpangi itu kebanyakan sempit, tidak mulus, berundak-undak membuat seisi mobil akan terkocok-kocok maksimal banget persis seperti di dalam blender. Beberapa tempat dimana kamu bisa menemukan banyak operator off road adalah di sekitar  Cikole Lembang, Ranca Upas, Pangalengan dan Ciwidey dan Bandung Selatan.

  1. Wisata Edukasi :

Bandung adalah gudangnya tempat wisata, tempat wisata untuk segala umur sudah pasti tersedia dan berjamuran dimana-mana. Ayah dan Bunda bisa bawa anak-anak ke Museum Afrika untuk belajar sejarah; Observatorium Bosscha buat meneropong bintang; Farm House Susu Lembang untuk belajar perkebunan dan peternakan warga; De Ranch dengan fasilitas memberi makan hewan ; memanen hasil ternak ; bercocok tanam. Ada juga Lembang Park Zoo untuk mempelajari beragam macam hewan ; Penangkaran Rusa Ranca Upas dimana bisa berinteraksi langsung dengan hewan gemes ini di penangkarannya langsung. Wisata edukasi tidak hanya bisa menghibur anak-anak dan mengeratkan ikatan anak dan orangtua, tapi dapat juga menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar objek wisata menuju kehidupan yang lebih baik.

  1. Wisata Kuliner :

Makanan asal Bandung memang gak pernah ada habisnya, terus bermuncul inovasi baru dari menu yang ditawarkan. Orang-orangnya pun kreatif sampai-sampai semua jenis masakan bisa tata ulang  dengan begitu menariknya. Bahan se-simple apapun bisa disulap menjadi kuliner yang tiba-tiba trending dimana-mana. Belum lagi harganya yang biasanya terjangkau bikin kita semua jadi tukang  borong tiap kali mampir. Kalau ladies dapat kesempatan untuk main ke Bandung setelah PPKM berakhir pasti udah kanget banget sama yang namanya Batagor Kingsley, Mie Kocok Persib, Surabi Jalan Setiabudi, Nasi Timbel Bawean, Kupat Tahu Gempol,  Bandros, Siomay Bandung Abuy, Seblak, Cuanki, Nasi Tutug Oncom dan masih panjang lagi. Jangan lupa juga buat mampir di Soes Merdeka, Kartika Sari atau Prima Rasa buat bungkus Pisang Bollen dan Browniesnya sebelum pulang ke Jakarta ya ladies!

Sofia Nursyalimar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here