Gong Li Dikabarkan Tingggalkan Kewarganegaraan Singapura

0

Aktris Gong Li dikabarkan melepaskan kewarganegaraan Singapura, setelah dilaporkan masuk daftar hitam oleh pemerintah Tiongkok karena memegang paspor asing.

Wanita berusia 55 tahun itu diduga melepaskan kewarganegaraannya karena tindakan keras yang dilakukan pemerintah Tiongkok terhadap industri hiburannya dan mengajukan permohonan kembali menjadi warga negara Tiongkok, menurut rumor yang mulai beredar secara online minggu lalu.

Desas-desus ini muncul setelah aktor Hong Kong Nicholas Tse melepaskan kewarganegaraan Kanada-nya bulan lalu. Putra sutradara terkenal Tiongkok Chen Kaige, aktor Arthur Chen Feiyu, yang lahir di Amerika Serikat, juga melepaskan kewarganegaraan Amerika-nya pada Agustus.

Nicolas Tse dan Gong Li dikabarkan masuk daftar hitam artis yang memegang kewarganegaraan asing, sebagaimana dilansir melalui The Strait Times.

Selebriti papan atas Tiongkok, Vicki Zhao, yang tiba-tiba dihapus jejaknya dari dunia maya yang terhubung di Tiongkok pada Agustus, juga dikatakan ada dalam daftar ini karena ia merupakan permanent resident (PR) di Singapura.

Gong Li, yang menikah dengan taipan Singapura Ooi Hoe Seong pada tahun 1996, diberikan kewarganegaraan Singapura pada tahun 2008.

Bintang film yang dikenal secara internasional lewat film seperti Raise The Red Lantern (1991) dan Memoirs Of A Geisha (2005) itu mempertahankan kewarganegaraan bahkan setelah bercerai dari pasangannya pada 2009.

Gong LI (kanan) dan suaminya yang merupakan musisi elektronik asal Prancis Jean-Michel Jarre

Dia kemudian menikah lagi dengan musisi elektronik Prancis Jean-Michel Jarre pada tahun yang sama dan sekarang tinggal di Prancis.

Desas-desus terbaru diterima dengan sorakan oleh netizen Tiongkok, yang menyambutnya kembali setelah bertahun-tahun mencemoohnya karena menolak negara asalnta.

Namun, di forum lokal, ada komentar sinis dari warga Singapura tentang dia menggunakan Singapura sebagai batu loncatan sementara tidak berkontribusi pada negeri singa itu, serta lelucon bahwa dia sekarang dapat menarik dana tabungan jaminan sosialnya secara penuh.

Yang lain bertanya-tanya apakah bintang seni bela diri Jet Li, yang juga memegang kewarganegaraan Singapura, akan menjadi selebriti berikutnya yang menyerah atas tekanan pemerintah Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here