Dua Kali Gagal dan Tertunda, Film Dune Akhirnya Tayang Oktober Ini!

0

“Dune” karya Denis Villeneuve tayang perdana pada hari Jumat, 3 September 2021 di Venice Film Festival. FIlm ini dibintangi oleh Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson, dan Zendaya yang akan tayang di bioskop (dan di HBO Max) pada 22 Oktober 2021.

Dune, dipersembahkan oleh Warner Bros. Pictures dan Legendary Pictures, yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Frank Herbert. Dune mengisahkan tentang Paul Atreides (Timothée Chalamet), seorang putra mahkota dari keluarga Atreides yang dikirim oleh ayahnya untuk memimpin koloni mereka di planet padang pasir bernama Arrakis. Namun di sana, hati Paul pun terbelah dua antara mengharumkan nama keluarganya atau membebaskan planet Arrakis dan para rakyatnya, Fremen, dari penjajahan

Dune dibintangi oleh pemain terkenal lainnya, termasuk Oscar Isaac, Josh Brolin, Stellan Skarsgård, Dave Bautista, Sharon Duncan Brewster, Stephen McKinley Henderson, Chang Chen, David Dastmalchian, Charlotte Rampling, Jason Momoa, dan Javier Bardem.

Proyek pembuatan film Dune berlangsung di tiga tempat yaitu Budapest, Hungaria, dan Jordan. Film ini awalnya direncanakan untuk rilis pada November 2020 hingga Warner Bros. memutuskan untuk menunda film tersebut selama hampir satu tahun, karena kondisi Covid varial Delta yang terus memburuk. 

Dune sempat gagal dua kali untuk difilmkan

Memiliki alur dan plot yang begitu padat, beberapa sutradara mencoba mengadaptasi novel ini menjadi film. Pertama, sutradara Alejandro Jodorowsky pernah berusaha menggarap film Dune yang akhirnya tidak terwujud. Alejandro Jodorowsky bahkan sudah pernah menghampiri Pink Floyd untuk mengisi soundtrack dan mendekati pelukis ternama Salvador Dalí untuk berperan sebagai Emperor Shaddam Corrino IV. Namun, padatnya materi cerita Dune ini membuat konsep film Alejandro Jodorowsky berdurasi hingga 14 jam. Visi ambisinya untuk mengadaptasi novel ke dalam film ini pun akhirnya diwujudkan dalam dokumenter Jodorowsky’s Dune (2013).

Setelah gagal diangkat menjadi film, proyek Dune ini jatuh ke tangan sutradara David Lynch. David Lynch berhasil mengadaptasi novel ini ke layar lebar melalui Dune (1984). Walaupun begitu, film ini mendapat banyak kritikan dan respons negatif.

Studio asal California, Legendary Pictures mengakuisisi hak film dan serial Dune pada November 2016. Sebulan kemudian, Variety mengumumkan bahwa sutradara Denis Villeneuve dibidik untuk menyutradarai film Dune. Selain menyutradarai dan menulis naskah, Denis Villeneuve juga duduk sebagai produser di Dune ini.

Sekuel film Dune

Sejak awal, Denis Villeneuve mengkonfirmasi bahwa Dune akan dibagi menjadi dua film untuk memastikan bahwa cerita aslinya tidak terpotong-potong, melihat begitu padat dan kompleksnya cerita yang harus digarap. Dilansir dari Cinema Blend, Jon Spaihts penulis naskah Dune ini telah ditugaskan untuk mulai berkutat dengan naskah sekuel meski kelanjutannya masih belum diumumkan. 

Peluang mendapatkan piala oscar

Film terakhir Denis Villeneuve, “Blade Runner 2049,” mencetak lima nominasi Oscar dan memenangkan Academy Award untuk sinematografi Roger Deakins. Namun, film tersebut tidak dapat masuk ke dalam dua kategori Oscar teratas yaitu, film terbaik dan sutradara terbaik. 

Apakah Dune memiliki peluang yang lebih baik? Melihat secara teknis Dune menjadi film pertama Denis Villeneuve yang menggunakan kamera format besar serta lensa Panavision.

(Lysti Rahma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here