Cek Kondisi Kesehatan Dari Keadaan Lidah Yuk!

0
tongue
Sumber foto: Pinterest

Bagian-bagian tertentu dari tubuh kita bisa memberi petunjuk mengenai masalah kesehatan di anggota tubuh yang lain, salah satunya adalah lidah.

Apa saja kondisi kesehatan yang bisa terlihat dari keadaan yang terjadi pada lidah kita? Dilansir dari laman Healthwere, berikut informasinya!

  • Lidah berwarna merah terang

Lidah yang sehat berwarna pink kemerahan. Jika warnanya menjadi merah terang, seperti buah strawberry, hal ini berarti kamu kekurangan vitamin B12 dan zat besi.

  • Diselimuti plak berwarna kecokelatan

Meskipun terlihat menyeramkan, lidah yang berwarna kecokelatan sebenarnya hanya akibat dari gaya hidup yang buruk seperti malas merawat kesehatan mulut dan gigi, merokok, minum alkohol dan terlalu banyak mengonsumsi teh dan kopi.

  • Dipenuhi Plak Putih yang tebal

Plak yang berwarna putih kekuningan merupakan tanda dari adanya infeksi jamur, yang bisa disebabkan oleh konsumsi antibiotic, diabetes, sistem kekebalan tubuh yang rendah atau tekanan darah tinggi.

  • Titik-titik kecil berwarna putih

Ini merupakan tanda iritasi, misalnya karena tergerus gigi. Kondisi lidah seperti ini umumnya dimiliki oleh para perokok.

5-17% dari sel-sel putih di lidah ini dapat merupakan sel-sel yang akan berkembang menjadi kanker, jika titik-titik putih tersebut tidak hilang dalam beberapa minggu, segera hubungi dokter

  • Sariawan dan bengkak kemerahan

Sama halnya dengan titik-titik putih, sariawan dan bengkak kemerahan pada gusi yang tidak hilang setelah beberapa minggu bisa menjadi tanda kanker mulut. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here