Believe Me: Lisa McVey, Kisah Nyata Perkosaan dan Penculikan Seorang Gadis

0

Netflix merilis satu lagi film yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh Jim Donovan, film berjudul Believe Me: The Abduction of Lisa McVey ini dibuat berdasarkan kisah seorang gadis remaja bernama Lisa McVey di kota Tampa, Florida. Selama 1 jam 27 menit kita dibawa pada alur cerita yang menegangkan, emosional, bagaimana seorang gadis cantik dari keluarga “broken home“, bernasib naas. Lisa mengalami pelecehan seksual dari anggota keluarga sendiri. Seolah tak cukup penderitaannya, kejadian paling menyeramkan dalam hidupnya pun terjadi, setelah ia pindah ke rumah neneknya.

Suatu malam, sepulang kerja dari kedai donat 24 jam, Lisa McVey diculik, kemudian diperkosa, dan dibekap di sebuah tempat selama beberapa hari. Dalam penyekapan itu, Lisa mengalami perkosaan berulang kali.

source: imdb

Dalam keadaan penuh tekanan, Lisa mampu bertahan. Bahkan, ia masih bisa menggunakan akalnya untuk meninggalkan bukti, mengingat segala sesuatu yang berkaitan dengan si penculik selama disekap. Untuk lepas dari penculiknya ini—yang kemudian diketahui sebagai pembunuh berantai Biily Joe Long—Lisa menggunakan teknik persuasif psikologis. Lisa berpura-pura bersikap baik, memberikan simpati, bahkan menawarkan menjadi “pacar rahasia” Billy Joe Long,

Begitu mendapatkan kepercayaan dari Billy Joe Long yang kecanduan seks, Lisa mampu meluluhkan hati penjahat ini, hingga bisa kabur.

Lisa melaporkan kejadian yang dialaminya ke polisi. Mulanya, cerita Lisa tak dipercayai. Bahkan keluarganya sendiri tak memercayainya. Hanya kepala divisi kejahatan seksual, Detektif Larry Pinkerton memercayainya.

Lisa McVey di film dibintangi oleh Katie Douglas (source: netflixfilm)

Larry curiga, jangan-jangan pria yang diceritakan secara mendetail oleh Lisa ini adalah pembunuh berantai dan pemerkosa yang dicari timnya selama ini, karena ada beberapa kesamaan pola dan profil. Believe Me: The Abduction of Lisa McVey cukup sadis di awal, saat menggambarkan kekerasan seksual yang dialami Lisa, dari diculik hingga disekap. Kental sisi emosionalnya, dan menyimpan inspirasi bagi kaum perempuan.

Keberanian, tekad, seorang Lisa untuk hidup dan menemukan orang yang telah memperkosanya, patut diacungi jempol. Ia gigih, melawan traumanya sendiri dan memori yang menyakitkan kala membantu polisi menemukan Billy Joe Long.

Bayangkan, ini kisah nyata. Sampai hari ini, Lisa masih hidup, berprofesi sebagai polisi khusus untuk kejahatan seksual dan menjadi motivator bagi korban kekerasan perempuan. Film ini dibintangi oleh David James Elliot, Katie Douglas, dan Rossif Sutherland.

Catatan sedikit, kalau kamu nggak tegaan, dan nggak kuat hati, film ini cukup detil menggambarkan penyiksaan dan adegan pemerkosaan. Jadi pertimbangkan. Kalau mau tetap menonton, ya, kamu bisa mempercepat bagian adegan sadis dan cabulnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here