5 Rekomendasi Drakor Jadul Bikin Baper (Part 2)

0

Drama Korea tidak ada habisnya untuk dikupas. Tentunya berkat akting para pemainnya yang ciamik, sinematografi yang menawan, pemilihan lokasi yang tepat dan jalan cerita yang membumi serta dekat dengan penonton. Sebelumnya saya sudah menuliskan beberapa rekomendasi drama nostalgia yang mendapat respon yang cukup baik dari pembaca. Berikut ulasan 5 rekomandasi drakor jadul yang bikin pemirsa baper dalam kurun waktu 2010 – 2016.

My Girlfriend is A Gumiho

Drama yang tayang pada tahun 2010 ini masih sangat layak untuk ditonton sampai dekade berikutnya. Menceritakan tentang tentang seekor rubah berekor sembilan atau dalam legenda rakyat Korea disebut Gumiho, yang cantik serta ingin berubah menjadi manusia dan seorang pemuda yang tidak bertanggung jawab yang enggan membebaskannya dari dalam sebuah lukisan. Pada awalnya si pemuda ketakutan dan melarikan diri saat berhadapan dengan  Gumiho, tetapi Gumiho meminta sang pemuda untuk tetap di sisinya dan langsung jatuh cinta padanya. Sejak saat itu, hidup mereka menjadi terhubung. Dibintangi oleh Shin Min Ah dan Lee Seung Gi, drama sebanyak 16 episode ini sukses membuat penonton baper berkat penggambaran bentuk cinta yang paling murni dan sejati. Semua pemeran berhasil memerankan karakter mereka dan lagu – lagu soundtrack romantis yang mengiringi drama ini semakin membuat hati pemirsa melambung.

Moon Embracing The Sun

Ada beberapa drama yang mengambil latar belakang sejarah pada tahun 2012 yang bagus, namun sinematografi, set, kostum dan cerita dalam The Moon That Embraces The Sun meninggalkan drama Joseon lainnya pada tahun itu terasa bagaikan butiran debu. Drama ini dibintangi  Kim Soo HyunHan Ga InJung Il Woo dan Kim Min Seo dan diproduksi sebanyak 20 episode. Drama fantasi sejarah, yang tayang di stasiun televisi MBC ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Jung Eun Gwol. Bercerita tentang kisah cinta rahasia dan pedih antara seorang raja dari dinasti Joseon dan seorang dukun wanita dengan latar belakang istana tradisional Korea, dibalut dengan konflik dan konspirasi kekuatan politik yang saling bersaing. Drama ini mencapai peringkat puncak rating sebesar 42,2% dan memenangkan penghargaan Drama Terbaik dan Aktor Terbaik pada kategori televisi di Baeksang Arts Awards ke-48, serta beberapa penghargaan di MBC Drama Awards 2012, termasuk Drama Terbaik.

My Love From The Star

Drama dengan genre fantasi komedi romantis ini tayang di stasiun televisi SBS dari Desember 2013 – Februari 2014 dengan jumlah episode sebanyak 21 episode. Dibintangi oleh  Jun Ji HyunKim Soo HyunPark Hae JinYoo In NaShin Sung Rok and Ahn Jae Hyun, yang saat ini merupakan aktor dan aktris papan atas industri hiburan Hallyu. Drama ini bercerita tentang kisah mahluk luar angkasa yang mendarat di bumi pada tahun 1609 selama Dinasti Joseon dan 400 tahun kemudian jatuh cinta dengan seorang aktris wanita ternama di Korea Selatan. My Love from The Star sangat populer pada saat ditayangkan dan berhasil menjadi trend setter dalam hal mode, make up dan lokasi wisata ataupun restoran yang ditampilkan dalam drama ini. Serial ini pun juga ditasbihkan sebagai salah satu drama penyumbang berhasilnya Korean Wave ke seluruh dunia. My Love from the Star menerima beberapa penghargaan. Pada Penghargaan Baeksang Art ke-50, drama tersebut menerima 9 nominasi dengan 3 kemenangan. Jun Ji Hyun memenangkan penghargaan tertinggi dalam kategori televisi dan Kim Soo Hyun memenangkan Aktor Paling Populer pada kategori televisi serta mendapatkan penghargaan sebagai Drama Terbaik.

The Heirs

The Heirs adalah salah satu drama yang paling sukses saat ditayangkan pada tahun 2013 dan dibintangi oleh sang Raja Dunia per-Drakoran, Lee Min Ho dengan lawan main Park Shin Hye. Drama ini juga sukses mengangkat nama Kim Woo Bin ke dalam deretan aktor papan atas dunia hiburan Hallyu. Berlatar belakang di sebuah SMA yang dihuni oleh anak – anak orang terpandang dan kaya raya, drama yang ditulis oleh Kim Eun Sook ini berhasil menjual hak siarnya ke 13 negara. Drama ini memiliki harga jual tertinggi di Jepang di antara semua drama Korea yang tayang pada tahun 2013 dengan harga US$30.000 untuk setiap episodenya. Pada tanggal 26 Januari 2014, serial ini telah ditonton lebih dari satu miliar kali di Youku, situs streaming video terbesar di Cina. Ceritanya sendiri tipikal Cinderella Story, dimana seorang pria dari keluarga kaya jatuh cinta dengan seorang perempuan miskin, namun The Heirs menawarkan sebuah plot twist yang berbeda dari cerita yang bertema sama. 

Descendent of The Sun

Rasanya ada yang kurang jika membicarakan drama romantis tanpa memasukkan nama drama yang satu ini ke dalam daftar. Drama terlaris yang tayang di stasiun televisi KBS pada tahun 2016 ini dibintangi oleh Song Joong KiSong Hye KyoJin Goo, dan Kim Ji Won serta merupakan salah satu tontonan wajib para pencinta Drama Korea. Kim Eun Sook lagi – lagi berhasil mengukuhkan namanya sebagai penulis drama hit dan populer setelah sebelumnya berhasil dengan drama seperti Lovers in Paris, Secret Garden, A Gentleman’s Dignity dan The Heirs. Drama ini berhasil mencetak rekor rating tertinggi di angka 38,8% dan mendapatkan beberapa penghargaan, seperti Penghargaan Tertinggi pada kategori televisi di Baeksang Arts Awards ke-52; dan dinobatkan sebagai Pertunjukan Paling Populer tahun ini oleh Korea Broadcasting Advertising Corporation. Descendent of The Sun menjadi penyumbang pendapatan wisata Korea Selatan yang berasal dari bidang pariswata berkat penayangannya di Asia. Para turis sangat tertarik mengunjungi lokasi yang menjadi tempat syuting drama tersebut. Popularitas para pemerannya pun tidak hanya diakui di Korea Selatan saja tapi juga mendapat pengakuan secara internasional. Berkisah tentang seorang dokter muda Bernama Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dan seorang komandan pasukan penjaga perdamaian bernama Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) yang saling jatuh cinta pada saat keduanya ditempatkan di sebuah negara konflik atas permintaan PBB. Kisah cinta Kang Mo Yeon dan Yoo Shi Jin tidak hanya berakhir di layar kaca tapi juga berlabuh di dunia nyata ketika Song Jong Ki dan Song Hye Kyo menikah pada tahun 2017. Netizen sangat bahagia ketika kapal yang mereka gadang – gadangkan berhasil berlabuh dan menyebut hari pernikahan mereka sebagai Hari Patah Hati Internasional. Sayang seribu sayang, perkawinan keduanya harus berakhir dengan perceraian pada tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here