5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Seo In Guk, Bintang Drakor Doom At Your Service

0

Sudah 2 tahun sejak aktor Seo In Guk mendapatkan peran utama sebagai pria misterius dengan masa lalu yang terlupakan dalam drama The Smile Has Left Your Eyes (dikenal juga dengan judul Hundred Million Stars From the Sky), yang merupakan drama remake dari serial televisi Jepang tahun 2002, Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi. Selanjutnya, sang aktor tampil dalam peran cameo di drama produksi Netflix, Navillera, yang merupakan adaptasi webtoon inspiratif berjudul sama, yang dibintangi Park In Hwan dan Song Kang. Ia pun kembali menjadi cameo dalam serial komedi romantis fantasi yang tayang di tahun 2019, Abyss, yang dibintangi Aktor Baru Terbaik Baeksang Arts Awards ke-56 Ahn Hyo Seop dan Park Bo Young dari Strong Woman Do Bong Soon. Namun demikian, para penggemar aktor berusia 33 tahun tersebut tetap setia dan bersemangat menantikan comeback-nya sebagai bintang utama, baik di layar lebar maupun di layar kaca. Dan seperti harapan yang menjadi nyata, Seo In Guk menyambut tahun ini dengan film aksi kriminal berjudul Pipeline dan serial fantasi romantis yang memukau, Doom at Your Service.

Dalam drama Doom at Your Service, yang dapat dinikmati di layanan streaming online, Viu, Seo In Guk memainkan karakter Myul Mang (berasal dari kosa kata bahasa Korea, myeolmang yang berarti “kehancuran” atau “malapetaka”), seorang utusan antara dewa dan manusia, yang secara tak terduga bertemu Tak Dong Kyung (Park Bo Young), editor untuk perusahaan novel web yang didiagnosis menderita kanker otak dan hanya memiliki 100 hari untuk hidup.

Yuk, kenalan dengan salah satu talenta paling panas di industri hiburan Hallyu ini. Berikut 5 hal yang harus kamu tahu tentang pria kelahiran Ulsan ini:

  1. Memiliki suara emas
Seo In Guk dan Jung Eun Ji menyanyikan ost Reply 1997 “Our Love Like This”

Tidak hanya memiliki bakat akting yang mumpuni, Seo In Guk adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu dengan suara emas yang bikin jantung berdebar – debar. Pada tahun 2009, ia berkompetisi dan berhasil menjadi juara musim pertama acara kontes menyanyi, Superstar K. Lalu di tahun 2012, ia mendapatkan peran utama dalam drama nostalgia berlatar belakang tahun 90-an, Reply 1997, dan menyanyikan 2 single untuk soundtrack drama tersebut, All for You dan Our Love Like This, dimana dalam kedua lagu tersebut ia berduet dengan lawan mainnya Jung Eun Ji dari girl group idola Korea Selatan A Pink. All for You yang merupakan remake dari lagu grup musik Cool, menjadi salah satu single terlaris pada tahun 2012 di Gaon Single Chart.

Seo In Guk menyanyikan lagu “This is the Moment” untuk Nam Ji Hyun dalam “Shopping King Louis

Dalam episode 13 drama bergenre komedi romantis Shopping King Louis, yang ia perankan bersama Nam Ji Hyun (pemain drama Suspicious Partner & 100 Days My Prince) di tahun 2016, ia memainkan piano dan menyanyikan versi Korea dari lagu, This is the Moment, yang aslinya ditulis oleh Frank Wildhorn dan Leslie Bricusse untuk musikal Broadway Jekyll & Hyde.

Cover “Home” – Michael Bublé oleh Seo In Guk
Cover “All of Me” – John Legend oleh Seo In Guk

Kamu juga bisa melihat melalui kanal Youtube, videonya saat membawakan cover lagu – lagu berbahasa Inggris seperti All of Me-nya John Legend, Home-nya Michael Bublé, Just Once-nya James Ingram dan I’m Yours-nya Jason Mraz, yang menunjukkan bahwa ia adalah penyanyi serba bisa. Seo In Guk juga berkesempatan berbagi panggung dengan penyanyi Korea Selatan kelahiran Amerika Serikat, Lena Park dan penyanyi jebolan American Idol musim ke-9, John Park (suara di balik soundtrack terkenal Vincenzo, I’m Always By Your Side). Ketiganya membawakan lagu hit Boyz II Men dan Mariah Carey, One Sweet Day.

Seo In Guk, Lena Park & John Park membawakan lagu “One Sweet Day”

2. Masih jomblo dan percaya kalau cinta gak mengenal usia

Setelah putus dari penyanyi Korea Selatan Park Bo Ram, yang sempat menjalani hari – hari bersamanya sebagai sepasang kekasih selama 2 tahun, sang aktor menyatakan bahwa saat ini ia masih jomblo dan “siap untuk menjalin hubungan ketika menemukan orang yang baik” pada konferensi pers untuk film terbarunya, Pipeline. Dalam sebuah wawancara dengan One TV Asia beberapa tahun lalu untuk drama horor fantasi, The Master’s Sun, di mana ia memainkan peran sebagai kepala keamanan, Kang Woo, yang diam-diam selalu menjaga Tae Gong Shil (karakter utama wanita yang diperankan Gong Hyo Jin), ia sempat ditanya apakah ada kemungkinan untuk berkencan dengan seseorang yang berusia lebih tua. Dengan bijak ia berkata, “Saya pikir cinta tidak memiliki batasan usia. Saya lebih suka wanita yang cerdas daripada yang cantik sebagai tipe ideal saya.” Kamu berminat?

3. Pernah obesitas dan menderita bulimia

Pada tahun 2012, dalam sebuah artikel di tabloid Korea Selatan JoongAng Daily, aktor – penyanyi tersebut menyatakan bahwa ia berjuang dengan bulimia, gangguan makan, yang dimulai saat seorang juri dalam sebuah audisi untuk JYP Entertainment memperingatkannya tentang berat badannya. “Pada audisi awal, mereka mengatakan bahwa saya harus menurunkan berat badan, sejak itu saya menjadi terobsesi dengan penurunan berat badan. Setelah makan, saya akan memuntahkan makanan agar berat badan saya turun,” ujarnya seraya menambahkan bahwa ketika dia kembali ke agensi tersebut setelah kehilangan berat badan yang cukup, ia pun ditolak lagi dengan alasan “kualitas nyanyiannya memburuk”. Seo In Guk menduga hal itu disebabkan kerusakan pada pita suaranya akibat memaksakan diri untuk memuntahkan makanannya. Bertahun-tahun kemudian setelah melewati penderitaan dan cobaan, pria bertinggi badan 180 centimeter ini memenangkan hadiah utama dalam kontes menyanyi Superstar K, yang membantunya untuk kembali percaya diri.

Selain berat badan, Seo In Guk juga terkadang berpikir bahwa dia adalah itik buruk  rupa, dengan mengatakan, “Saya pribadi berpikir saya memiliki wajah yang aneh. Terkadang saya terlihat tampan, dan terkadang saya terlihat jelek. Saya pikir sutradara (Pipeline) sangat menyukai visual aneh saya ini. Dia juga mengatakan bahwa mata dan aura saya menarik orang. Saya sangat berterima kasih atas pujiannya” urai sang aktor pada konferensi pers Pipeline. Baiklah, kalo pria seganteng Seo In Guk merasa sebagai itik buruk rupa, kentang macam saya ini masuk kategori apa ya?

4. Bukan berasal dari keluarga berada

Berbanding terbalik dengan perannya sebagai pewaris tunggal dari seorang konglomerat di serial Shopping King Louie, kehidupan nyata Seo In Guk jauh dari kata kaya. Menurut kabar, sang ayah hanyalah seorang tukang las dan ibunya biasa mengumpulkan kotak dan barang – barang daur ulang dari tempat sampah untuk mendapatkan uang sehingga bisa memberi makan untuk dirinya  dan adik perempuannya.

Sampai hari ini, dia memandang ibunya sebagai panutannya, dengan mengatakan, “Ibuku mengalami kesulitan sejak aku masih muda. Tentu saja, ayahku adalah panutanku juga tapi alasan aku memilih ibuku adalah karena dia mengalami banyak penderitaan dengan mengumpulkan kertas daur ulang untuk membesarkanku. Bahkan setelah aku debut dia melanjutkan pekerjaan itu. Aku menyuruhnya untuk berhenti dan beristirahat dengan nyaman tapi dia bilang dia tidak mau karena jika dia istirahat dan berhenti bekerja, tubuhnya akan menjadi sakit dan ibu mengatakan kepada saya bahwa ia senang bertemu orang baru”. Untuk membalas kebaikan hati ibundanya, pria yang debut pertama kali dalam drama Love Rain ini menghadiahkan sebuah kedai kopi yang terletak di kota asal mereka, yang sayangnya sudah tutup. Ia juga membuka sebuah restoran bernama Sojindam Ulsan, yang dikelola oleh sang adik. Ia pun menambahkan, “Saya pikir saya mirip ibu saya dalam aspek itu. Saya tidak biasa beristirahat. Ketika saya melakukannya, saya hanya ingin kembali bekerja lagi. Jadi dia panutan saya”.

5. Memenangkan banyak penghargaan

Seo In Guk dan Jung Eun Ji

Pria multitalenta ini telah mengantongi banyak penghargaan untuk penampilannya yang luar biasa di televisi. Pada tahun 2012, ia mendapat penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Penghargaan Korea Drama Awards yang ke-5 untuk perannya dalam Love Rain serta Penghargaan Pasangan Terbaik (bersama dengan Jung Eun Ji Apink) untuk peran mereka dalam Reply 1997. Lagu yang mereka berdua nyanyikan, All for You, juga berhasil memenangkan penghargaan Lagu Soundtrack Terbaik dalam 3 ajang penghargaan yaitu Mnet Asian Music Awards ke-14, Melon Music Awards ke-4 dan KDrama Star Awards pertama di tahun yang sama.

Seo In Guk dan Jung Eun Ji menyanyikan ost Reply 1997 “All For You”

Bakat aktingnya juga diakui oleh ajang penghargaan SBS Drama Awards di tahun 2013 (Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam drama Master’s Sun), KBS Drama Awards di tahun 2014 (Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam drama The King’s Face) dan MBC Drama Awards di tahun 2016 (Penghargaan untuk kategori aktor dalam miniseri, Shopping King Louis).

Para penggemar menanti – nanti dan mendukung sang aktor agar mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang Baeksang Arts Awards ke-58 tahun depan. Semoga ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here