5 Grup Idola dalam Sejarah K-Pop dengan Formasi Asli dan Masih Bertahan di Agensi yang Sama Sejak Awal Debut

0

Dalam industri musik K-pop, merupakan hal yang wajar bagi sebuah grup idola untuk membuat kontrak dengan perusahaan atau agensi yang menaungi mereka, dimana para anggotanya berkomitmen untuk berkarir selama 7 tahun dengan label mereka. Meskipun lamanya waktu bervariasi dan ada banyak kasus yang membuat salah satu atau beberapa orang anggota grup pergi sebelum kontrak mereka habis, namun hal ini merupakan salah satu situasi yang biasa terjadi ketika sebuah grup debut.

Ketika mendekati akhir kontrak, dapat dipahami kekhawatiran para penggemar yang dag-dig-dug menunggu apakah semua anggota grup idola mereka akan memperbarui kontrak atau tidak. Berdasarkan statistik tentang berapa banyak grup idola K-pop yang memulai debutnya antara tahun 1996 sampai dengan saat ini, total sekitar 350 grup telah memperbarui kontrak mereka tanpa kehilangan anggota. Jadi bisa dibayangkan jika saat – saat seperti ini adalah waktu yang paling menegangkan bagi para penggemar.

Dari ratusan grup idola (dengan 3 orang anggota atau lebih), hanya 5 dari mereka yang telah memperbarui kontrak dengan agensi tanpa kehilangan satu anggota selama proses perpanjangan, dan masih mempertahankan formasi asli mereka sejak awal debut.

Ini tidak termasuk grup, seperti Got7, yang masih bersama meskipun meninggalkan agensi mereka, atau grup yang mengatakan bahwa mereka masih bersama meskipun satu atau lebih anggota meninggalkan agensi, seperti MAMAMOO. Juga tidak termasuk grup yang kehilangan anggota sebelum atau setelah perpanjangan kontrak pertama mereka, seperti Jay Park yang sebelumnya meninggalkan 2PM, atau Seungri meninggalkan BIGBANG dan Jessica meninggalkan Girls’ Generation sesudahnya.

Grup K-pop Seventen

Bisa dibilang, perpanjangan kontrak paling mengejutkan saat ini adalah SEVENTEEN, yang memperbarui kontrak mereka dengan Pledis Entertainment bulan ini. Hal ini menjadi sebuah fenomena yang sangat mengesankan mengingat mereka memiliki 13 orang anggota! Bayangkan sulitnya mempertahankan 13 orang untuk tetap bertahan di grup yang sama, bahkan grup legendaris sekelas Super Junior saja tidak dapat melakukan hal ini. Menariknya, salah satu grup lain yang memperbarui kontrak dengan formasi lengkap adalah rekan satu label mereka NU’EST, yang 5 anggotanya memutuskan untuk tetap bersama perusahaan pada Januari 2019.

Grup K-pop Nu’East

Grup berikutnya yang termasuk dalam sejarah adalah pembaruan kontrak SF9 dengan FNC Entertainment baru-baru ini. Kesembilan orang anggota grup memutuskan untuk tetap bersama agensi pada bulan Maret awal tahun ini.

Grup K-pop SF9

Tentu saja, ketujuh orang anggota boy band fenomenal yang mendunia, BTS, membuat keputusan untuk melanjutkan hubungan kerjasama dengan Big Hit Music dan melakukan pembaruan kontrak pada tahun 2018, sebelum tanggal berakhirnya kontrak asli mereka, yang seharusnya selesai tahun lalu.

Grup K-pop BTS

Terakhir, SHINee juga layak dimasukkan dalam daftar ini. Walaupun Jonghyun meninggal dunia secara tragis pada akhir tahun 2017, mereka masih menjadi satu-satunya grup dalam sejarah K-pop yang memperbarui kontrak dengan label mereka sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 2014 dan diperbarui kembali di tahun 2018. Mereka pun masih bertahan dengan semua anggota asli mereka, berkat kedekatan dan hubungan baik diantara para anggota dan betapa berartinya musik bagi mereka. Walaupun sebelumnya ada sedikit keraguan apakah Jonghyun akan terus bersama mereka di SM Entertainment, namun kepergian sang vokalis untuk selamanya menjadikan ia sebagai anggota abadi.

Grup K-pop SHINee

Ada banyak kontrak grup idola K-pop generasi ketiga yang akan berakhir dalam satu atau dua tahun ke depan, seperti Red Velvet dan Lovelyz yang akan membuat keputusan mereka akhir tahun ini.  Selain itu,  girl group asuhan JYP Entertainment, TWICE, akan melakukannya pada tahun 2022. Para penggemar hanya bisa berharap bahwa mereka semua akan tetap bersama dalam satu grup dan bertahan di agensi yang sama sehingga dapat di tambahkan ke dalam daftar yang terlalu pendek ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here