5 Destinasi Wisata Candi di Jawa Tengah Selain Borobudur

0
candi borobudur
Sumber foto: Instagram @borobudurpark

Kenaikan harga tiket masuk ke Candi Borobudur untuk turis domestik hingga mencapai angka Rp. 750 ribu membuat masyarakat membahas hal tersebut hingga menjadi trending topic. Perubahan harga tiket masuk ke salah satu situs warisan dunia itu diumumkan pada Minggu (5/6).

Akibatnya, publik mencari alternatif destinasi wisata candi di Jawa Tengah selain situs bersejarah yang diakui UNESCO tersebut. Candi Borobudur memang merupakan ikon Provinsi Jawa Tengah, namun melihat perubahan harga yang sangat drastic, masyarakat lebih memilih untuk berwisata ke candi lain.

Indonesia punya banyak candi yang meninggalkan sejarah unik jadi nggak perlu takut dan ragu untuk mengunjungi destinasi wisata candi yang lain. Yuk explore bareng wisata candi lainnya bersama kami di bawah ini!

  • Candi Dieng

Candi Dieng adalah candi yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Candi yang semula memiliki 400 candi ini merupakan kelompok kompleks candi Hindu. Namun, sayangnya saat ini hanya tersisa 8 candi saja.

Candi Dieng berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan dibangun saat pemerintahan Kerajaan Kalingga dan dinasti Wangsa Sanjaya. Candi ini pun dibangun dalam 2 tahap yakni pada abad ke-7 dan awal abad ke-8.

  • Candi Sari

Nah, kalau Candi Sari ini candi adalah peninggalan umat Buddha yang dibangun sekitar abad ke-8. Menurut sejarah, pembangunan Candi Sari berbarengan dengan pembangunan Candi Kalasan. Dari segi bentuk atau pun relief memiliki kesamaan, tetapi punya tujuan yang berbeda pada awal pembangunannya.

Candi Sari dibangun untuk asrama para pendeta, sementara Candi Kalasan dibangun untuk tempat pemujaan Dewi Tiara. Candi Sari terletak di Desa Tirtomartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan dan Bandara Adisucipto.

  • Candi Prambanan

Siapa sih yang nggak tahu candi yang satu ini? Selain Candi Borobudur, publik sering kali menjadikan Candi Prambanan sebagai destinasi wisata sejarah. Candi ini juga terkenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang karena kisah di balik pembuatannya yang populer di kalangan masyarakat.

Candi ini berlokasi di Jalan Raya Solo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Kompleks taman wisata Candi Prambanan ini memiliki luas 80 hektar. Biasanya, pada malam hari terdapat sebuah pertunjukkan tarian dan drama tanpa dialog yang ceritanya diangkat dari kisah Ramayana.

  • Candi Sewu

Candi Sewu berlokasi tepat di samping Candi Prambanan, hanya berjarak 800 meter di sebelah Utara Candi Prambanan. Nah, kalau kamu sudah mampir di Candi Prambanan, kamu bisa mengunjungi Candi Sewu untuk mengulik kisah sejarahnya.

Candi Sewu rupanya candi yang usianya lebih tua dibandingkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Meskipun hanya memiliki 249 candi, namun masyarakat lokal menamakan sewu yang memiliki arti seribu. Penamaan ini berdasarkan cerita rakyat Roro Jonggrang.

  • Candi Plaosan

Candi ini adalah peninggalan sejarah umat Buddha yang dibangun pada abad ke-9, saat masa pemerintahan Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang. Kompleks candi ini terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Candi ini pun tak kalah menarik karena selalu menghadirkan acara bernama Festival Candi Kembar. Festival ini pun acara budaya skala besar yang diadakan di Klaten. Rangkaian acara ini adalah program kerja dengan Perguruan Tinggi Negeri ISI Surakarta.

Setelah mengulik beberapa candi yang ada di Jawa Tengah, wisata candi mana yang mau kamu datangi terlebih dahulu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here