5 Alasan Orang yang Senang Bernyanyi Lebih Sehat dan Bahagia

0
woman singing
Sumber foto: Pinterest

Kamu sering diprotes anggota keluarga karena sering bersenandung di kamar mandi, bahkan dimana saja? Kalau iya, kamu harus memberikan pemahaman kepada mereka bahwa bernyanyi bisa membuat diri kita lebih sehat dan bahagia.

Lho kok bisa? Simak yuk lebih jelas alasannya!

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berdasarkan penelitian, bernyanyi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena kegiatan tersebut meningkatkan produksi immunoglobulin A.

Selain itu, bernyanyi juga meningkatkan peredaran udara di sistem pernapasan, sehingga mengurangi kemungkinan bakteri tumbuh subur di area tersebut.

2. Mengurangi kalori

Meskipun efeknya tidak akan seperti berolahraga, menyanyi bisa membantu mengurangi kalori karena aktivitas ini bisa memperlancar sirkulasi darah, serta mengencangkan otot-otot di perut, paru-paru dan jantung

3. Membantu memiliki kehidupan sosial yang baik

Kalau kamu senang bernyanyi, biasanya kamu nggak akan melewatkan acara kumpul-kumpul dan berkaraoke bersama, atau bahkan tergabung di grup paduan suara.

Melakukan sesuatu yang kamu nikmati bersama dengan teman-teman pastinya membuat kamu merasa lebih Bahagia.

4. Kualitas tidur lebih baik

Menyanyi bisa mengurangi frekuensi dan kadar mendengkur, serta meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena bernyanyi dapat memperkuat otot-otot di tenggorokan, yang biasanya merupakan penyebab utama kita mendengkur saat tidur.

5. Memperbesar angka harapan hidup

Orang yang senang bernyanyi cenderung lebih bahagia, dan orang yang bahagia cenderung hidup lebih lama, karena mereka memiliki jantung yang sehat, peredaran darah yang lancar, paru-paru kuat dan sifat positif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here