4 Kemiripan Utama Sinetron Buku Harian Seorang Istri dan Ikatan Cinta

0

Saat ini sinetron bernafaskan benci jadi cinta tampaknya sedang tren. Ikatan Cinta (RCTI) melesat dengan kisah Aldebaran (Arya Saloka) yang menikahi Andin (Amanda Manopo) demi balas dendam atas kematian adiknya Roy. Karakter utamanya, Mas Al atau Aldebaran kini jadi sosok yang dielu-elukan kaum hawa.

Lalu hadir belakangan Buku Harian Seorang Istri (SCTV). Berkisah tentang Dewa (Cinta Brian) yang menikahi Nana (Zoe Abbas) karena paksaan orang tua. Penoton menganggap Buku Harian Istri meniru Ikatan Cinta. Sesungguhnya, memang ada beberapa kemiripan. Ini dia 3 kemiripan utama dua sinetron paling dibicarakan saat ini.

  1. Tokoh Utama Wanita Sama-Sama Dipenjara Karena Kesalahan yang Tak Dilakukan

Ada latar belakang karakter yang senada. Andin (Amanda Manopo) tokoh utama wanita di Ikatan Cinta dan Nana (Zoe Abbas) di Buku Harian Seorang Istri sama-sama dipenjara karena kesalahan yang tidak mereka lakukan. Andin dituduh membunuh Roy—adik Aldebaran. Sementara Nana dituduh tabrak lari, hingga menewaskan Claudia—calon istri Dewa.

  1. Tokoh Utama Pria Sama-Sama Punya Motivasi Benci dan Balas Dendam

Aldebaran (Arya Saloka) di sinetron Ikatan Cinta membenci Andin karena ia mengira Andin-lah pembunuh adiknya, Roy. Untuk membalas dendam kematian sang adik, Aldebaran menikahi Andin, agar bisa menyiksanya. Dewa (Cinta Brian) di sinetron Buku Harian Seorang Istri dipaksa menikahi Nana (Zoe Abbas) oleh orang tua, karena suatu kesalahan yang dibuatnya. Dewa tidak suka Nana, bahkan terang-terangan selingkuh dengan wanita lain. Tapi tahukah Anda? Bahwa dulu, calon istri Dewa, Claudia, adalah korban tabrak lari Nana dan Ronny. Bukan tidak mungkin, kelak bila Dewa mengetahui hal ini, ia akan membalas dendam. Karena Dewa masih mencintai almarhum Claudia.

  1. Sama-Sama Mengetengahkan Latar Belakang Keluarga Kaya Raya

Keluarga Aldebaran Al Fahri (Ikatan Cinta) dan keluarga Dewa Buana (Buku Harian Seorang Istri) diceritakan sama-sama keluarga pengusaha besar. Di usia muda, dua tokoh ini sama-sama sudah jadi bos, yang harus memimpin jaringan usaha keluarga.

  1. Kebencian Meluntur Karena Kelembutan dan Kesabaran Istri

Pernikahan tak didasari cinta menjadi isu utama sinetron Ikatan Cinta dan kemudian Buku Harian Seorang Istri. Selain memiliki kemiripan alur dan background story, karakter-karakternya—khususnya karakter utamanya pun hamper mirip. Dalam Buku Harian Seorang Istri, karakter Nana (Zoe Abbas) digambarkan tak jauh dari karakter Andin (Amanda Manopo). Wanita yang lugu, lembut, cenderung apa adanya, dan sangat penyabar. Hingga diperlakukan kasar suami, kedua tokoh wanita ini tetap patuh dan menghormati suaminya. Perilaku inilah yang membuat tokoh Al maupun tokoh Dewa perlahan-lahan jadi meleleh, lupa akan kebenciannya dan malah jatuh hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here