3 Cara Jitu Investasi Kekinian Ala Milenial

0

Kebijakan pemerintah untuk #dirumahaja ternyata berhasil membuat tabungan kita melimpah sampe luber ya girls? Upsss…itu kalau belum digunakan untuk top up e-wallet atau shopeepay sih. Hehehe. Pandemi covid-19 yang terjadi sejak 2020 setidaknya membuat kita makin aware ya untuk bisa mengelola keuangan. Prita Ghozie, seorang financial planner mengatakan bahwa pendapatan setidaknya harus dibagi menjadi 3 pos yakni living, saving, dan playing.

Living, jelas menggunakan uang yang ada untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Kebutuhan lho ya, bukan keinginan. Jadi yang masuk ke pos ini adalah anggaran untuk beli makan selama sebulan, transport, internet, sedekah, zakat, dll.

Saving, kalau waktu sekolah dulu mungkin kita berpikir menabung adalah aktivitas memasukkan  uang ke celengan ya? Tapi kini saving bisa dikombinasikan sekaligus investing lho.

Playing, singkatnya anggaran untuk memanjakan dan apresiasi diri atas kerja keras selama 1 bulan.

Nah soal saving di poin kedua tadi, ada 3 cara kekinian yang sebenarnya dapat kamu lakukan lho girls. Bukan lagi sekedar menyimpan uang kertas lalu dimakan rayap di lemari ya, tapi saving yang dapat dilakukan sekaligus investing. Apa saja? Yuk, mari kita simak!

  1. Membeli Logam Mulia

Sebagian orang tua kita sepertinya memilih emas berbentuk logam mulia untuk tabungan dana pendidikan anak. Nah, kamu juga bisa nih mulai menabung emas. Apalagi kini sudah banyak distributor emas mini yang menyediakan kepingan emas dengan harga mulai dari 30rb aja. Bahkan sekarang sudah ada tabungan emas digital lho, kamu bisa memanfaatkan tokopedia, shopee, bukalapak, atau pegadaian digital untuk menabung emas.

2. Reksa Dana

Kalau ini sih produk keuangan yang bisa kamu akses dengan adanya sekuritas dan manajer investasi ya. Konsepnya, kamu menempatkan sejumlah uang dan dihitung jumlah lembar penyertaan pada produk keuangan itu. Kini reksa dana juga bisa dibeli dengan aplikasi online dari berbagai sekuritas lho.

3. Saham

Kalau ini sih produk keuangan yang risikonya cukup tinggi ya dibanding kedua opsi di atas. Saham ini adalah bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan terbuka yang ada di pasar modal. Jika kamu ingin menabung saham, pastikan sudah memilih sekuritas yang tepat dan menabungnya dengan dana dingin ya girls.

Nah itu tadi 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk berinvestasi sebagai seorang milenial. Tapi ingat ya girls, masing – masing investasi memiliki risiko dan profit jika dikelola dengan benar. Kamu harus memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu. Sebaiknya, mulai dari produk investasi yang mudah untuk dijual kembali (liquid) ya. Jadi ketika kamu ada kebutuhan mendesak bisa segera mendapatkan uang kembali. (fatin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here