5 Kiat Jadi Makeup Artist Dari Lubna Amar, Kamu Bisa!

Dulu, makeup artist atau sering disingkat MUA adalah profesi atau pekerjaan yang jarang diminati. Namun siapa sangka, saat ini pekerjaan tersebut diburu bahkan sudah menjadi trend profesi yang mempunyai daya tarik yang unggul oleh anak muda hingga orang dewasa.

Diawali dari menyukai rias wajah diri sendiri, melihat looks makeup yang cantik, hingga sering tertarik dengan perlengkapan makeup itu adalah permulaan untuk masuk ke dunia makeup artist. Namun ada beberapa faktor lain yang memacu profesi tersebut yakni mendapatkan honor yang cukup besar dari ratusan ribu sampai puluhan jutaan rupiah, loh.

Seperti Lubna Amar, dikenal sebagai makeup artis yang hits dari kalangan Bollywood memiliki skill dan rasa suka terhadap dunia makeup, membuat dirinya berkembang serta eksis dalam makeup selebriti. Dirinya pun mengungkapkan, untuk menjadi MUA itu diharapkan mempunyai passion di dunia periasan serta menyukai hal-hal yang terikat dengan makeup.

Hal itu merupakan bukti nyata sebagai pentingnya untuk menjadi penatas rias atau makeup artis. Di Podcast Perempuan Berbagi Cerita, Lubna Amar berbagi tips dan trik agar bisa menjadi makeup artist meskipun kamu pemula.

Bollywood Profesional Makeup Artist, Lubna Amar (dok.instagram)
  • Kenali Passion dan Dream

Sebelum memulai karir kamu di dunia periasan wajah, kamu harus mengenal passion dan minat kamu. Apakah sudah benar menyukai makeup dan segala perlengkapannya atau hanya cuman mengikuti trend pekerajaan kekinian. Hal itu wajib dihindari ya!

Dengan mengenali passion, kamu bisa mengarahkan kesenangan dan keindentikan makeup kamu. Dari passion juga pun kamu bisa menentukan dream atau impian yang akan kamu capai. Dream yang dimaksud di sini adalah, jenis atau kategori makeup artis. Misalnya, makeup artist wedding, makeup artist fashion hingga makeup artist commercial.

  • Cari Ciri Khas Makeup

Setelah mengenali dan menentukan passion yang berpotensi dalam dirimu, saatnya kamu mencari identitas diri kamu dalam periasan wajah. Indentitas kamu bisa menjadi ciri khas atau keidentikan kamu untuk merias wajah seseorang. Tipe merias wajah itu ada yang flawless makeup, bold makeup hingga korean makeup. Ada banyak sekali tipe dan karakter makeup, tinggal kamu yang memilih dan fokus ke salah satu karakter itu. Di jamin kamu langsung dikenal oleh publik!

Cara mencari ciri khas kamu dalam merias, kamu bisa mengamati setiap tekstur dari wajah, melatih diri di dunia lukis wajah hingga berkomunikasi langsung dengan sang pelanggan. Ayo dicoba, jangan takut.

  • Miliki Komunikasi dan Attitude yang Baik

Setiap pekerjaan pasti harus memiliki komunikasi hingga attitude yang baik dan santun. Berkomunikasi dalam dunia rias adalah kunci dari segalanya. Dengan komunikasi kamu mengetahui hal-hal yang disukai dan tidak disukai dari pelanggan kamu. Mempelajari sifat dan karakter bisa mengenali feel periasan yag cocok untuk sang pelanggan sehingga bisa terus belajar dan melatih diri di dunia periasan.

Tak kalah dari komunikasi, attitude dari seorang makeup artist pun dibutuhkan. Sikap dan perilaku manusia akan dinilai. Seorang makeup artist itu harus ramah dan nggak boleh sombong, berusahalah untuk tetap keep in touch dengan pelanggan. Dengan begitu, publik akan mengenal kepribadianmu secara luar dan dalam.

Seperti yang dikatakan oleh Lubna Amar, “Cantik itu bukan hanya face-nya, tapi hati juga harus cantik. Dua-duanya dipercantik,”.

  • Ikut Kursus

Untuk mengikuti kursus makeup, ini adalah hal yang bisa kamu pertimbangkan juga loh. Memang belajar secara otodidak tak dipungkiri akan tetap bisa berhasil. Namun, apa salahnya mencoba untuk mendaftar kursus kelas makeup artist?

Di sana kamu akan mendapatkan pengalaman berharga yang bisa kamu rasakan dan bagikan dengan orang lain. Selain itu, kamu pun akan memperoleh berbagai tips yang menarik dari publik figur atau penata rias yang berpengalaman. Dari tips itu bisa kamu combine dan pelajari, bahkan dari situlah kamu bisa mengenali ciri atau signature makeup kamu. Keren ya!

  • Bikin Portfolio

Sudah berusaha menggali hal-hal yang kamu butuhkan dan senangi, jangan lupa ya kamu buat portofolio hasil makeup kamu. Portfolio merupakan kumpulan hasil karya diri atau sebuah pencapaian kamu yang bisa dipresentasikan sehingga mampu mengembangkan bakatmu.

Portfolio makeup bisa dibantu dengan saudara, teman hingga rekan kerja. Pembuatan portfolio ini bisa dibagikan oleh kamu melalui sosial media loh seperti Instagram, Tiktok hingga YouTube. Mudahkan? Yuk cus langsung dicoba! Semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here