10 Drakor dengan Biaya Produksi Termahal

0

Bukan rahasia lagi bahwa untuk memproduksi sebuah drakor dibutuhkan biaya yang besar. Itu sebabnya, Netflix menginvestasikan dana sebesar US$500 Juta hanya untuk menghasilkan konten orisinil Korea. Desain produksi yang mewah, jajaran pemain top, desain set yang detail, efek khusus, lokasi syuting dan busana yang modis diperlukan untuk membuat drama berkualitas tinggi.

Dengan semakin bertambahnya penonton drakor, apalagi sejak pandemi Covid-19, pemirsa berharap akan ada lebih banyak produksi drakor yang tentunya juga akan menguras budget lebih banyak untuk memberikan tontonan yang lebih berkualitas.

Berikut 10  drakor populer dengan biaya produksi termahal dari berbagai macam genre:

  1. Arthdal Chronicles

Arthdal ​​Chronicles adalah drakor berlatar belakang fantasi sejarah pertama sehingga diperkirakan mengeluarkan biaya produksi yang sangat tinggi. Drama tersebut ditayangkan perdana bersamaan dengan masa tayang serial fantasi barat yang sangat hit, Game of Thrones, yang diketahui memiliki budget yang mahal, mulai dari efek khusus, kostum hingga pembangunan set. Drama ini dibintangi oleh aktor papan atas Hallyu yaitu Song Joong Ki, Kim Ji Won dan Jang DongGun serta dibagi menjadi tiga bagian yang semakin meningkatkan biaya produksi.

Sebagian syuting dilakukan di Brunei Darussalam, dan sebagian lainnya dilaksanakan di Osan, Provinsi Gyeonggi dengan membangun satu set desain khusus untuk mendukung drama tersebut. Diperkirakan setiap episode Arthdal ​​Chronicles menelan biaya sekitar 3 Miliar Won.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 54 Miliar Won

2. Mr. Sunshine

Drama berlatar belakang sejarah, Mr. Sunshine menelan biaya yang cukup besar untuk total penayangan 24 episodenya dan diperkirakan sekitar 40 Miliar Won. Sebagian besar biaya produksi dihabiskan untuk menciptakan kembali elemen sejarah, desain set, efek khusus dan tentu saja, honor para pemain yang bertabur bintang.

Lee Byung Hun, sang bintang utama yang pernah tampil di beberapa film Hollywood, dikabarkan menerima pembayaran sebesar 150 Juta Won per episode. Namun, pengeluaran yang besar itu tidak menjadi masalah karena drama ini menerima pujian untuk akting pemainnya, sinematografi, dan cara penyampaian sejarah Korea Selatan yang brilian.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 40 Miliar Won

3. Kingdom 1 & 2

Kingdom adalah drama bergenre thriller dengan latar belakang sejarah dengan biaya produksi yang cukup mahal. Bisa jadi unsur horor dalam drama ini, yang diwakilkan oleh para zombie atau mayat hidup menambah tingginya anggaran yang harus digelontorkan. Satu episode Kingdom diperkirakan menelan biaya 3 Miliar Won yang menyebabkan setiap musim hanya memiliki 6 episode. Drama ini dibintangi jajaran aktor dan aktris ternama, termasuk Ju Ji Hoon, Bae Doona dan Ryu Seung Ryong.

Sutradara serial ini, Kim Seong Hun, mengungkapkan kepada salah satu acara variety show bahwa Kingdom seharusnya terbit untuk 8 episode setiap musim, namun ternyata budget yang sudah disiapkan melampaui anggaran yang telah ditetapkan sehingga memaksa tim produksi untuk memotong jumlah episodenya.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 35 Miliar Won

4. The King: Eternal Monarch

The King: Eternal Monarch menjadi berita utama ketika diumumkan siapa yang akan menjadi aktor utamanya. Hal ini menjadi besar karena Lee Min Ho mendapatkan honor yang tinggi untuk setiap episode. Drama ini merupakan drama comeback sang aktor setelah menyelesaikan wajib militer. Dengan penggunaan efek khusus untuk elemen fantasi yang menyertakan mobil mewah, perhiasan yang indah, kuda, desain set yang sesuai dengan alur cerita tentang kerajaan, menjadikan biaya produksinya membengkak tinggi. Tim produksi juga harus menciptakan kembali dunia pararel yang terlihat mirip dengan kota Busan.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 30 Miliar Won

5. Sweet Home

Serial produksi Netflix, Sweet Home, dibuat berdasarkan webtoon berjudul sama, drama ini menghabiskan sebagian besar anggarannya untuk efek khusus atau computer graphic image (CGI) para monster, dengan biaya sekitar 3 Miliar Won per episode. Serial ini juga disutradari oleh Lee Eung Bok yang mengerjakan drama sukses seperti Descendents of The Sun, Goblin dan Mr. Sunshine, yang semuanya juga memiliki biaya produksi yang tinggi.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 30 Miliar Won

6. Vagabond

Serial non fantasi dan non historis pertama dalam daftar ini adalah Vagabond, sebuah drama laga aksi yang dibintangi Suzy, Lee Seung Gi dan Shin Sung Rok. Sebagian besar pembiayaan dihabiskan untuk pembuatan film di luar negeri karena syuting dilakukan di Maroko dan Portugal. Selain itu, honor pemain yang cukup fantastis turut menyumbang tingginya pendanaan drama yang tayang pada tahun 2019 ini.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 25 Miliar Won

7. Legend of The Blue Sea

Drama Lee Min Ho lainnya yang berhasil masuk dalam daftar ini mengusung genre fantasi romantis yang memasangkan sang aktor populer dengan bintang Hallyu lainnya yang tidak kalah tenar, Jun Ji Hyun. Tidak mengherankan kalau sebagian dari biaya produksi masuk ke kantong para aktor dan aktris ternama tersebut, akan tetapi efek khusus untuk pembuatan putri duyung, serta syuting di luar negeri, yaitu di Spanyol dan Palau berhasil menghabiskan banyak biaya. Ini juga merupakan drama terakhir Lee sebelum ia menjalankan wajib militer serta drama terakhir Jun Ji Hyun sebelum hiatus karena kehamilannya.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 22 Miliar Won

8. Crash Landing on You

Drama hit lainnya yang masuk dalam daftar adalah Crash Landing on You. Syuting drama ini dilakukan di luar negeri, yaitu di Swiss, sebuah negara yang dikenal memiliki biaya hidup yang tinggi. Drama berjumlah 16 episode ini dibintangi oleh aktor papan atas Hyun Bin dan aktris cantik Son Ye Jin. Menciptakan kembali adegan di Korea Utara serta pakaian mewah yang dikenakan karakter pewaris konglomerat yang diperankan Son Ye Jin pasti menambah anggaran yang sangat besar juga. Sedikit bocoran, Hyun Bin dan Son Ye Jin cinlok loh berkat drama yang mereka bintangi ini.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 20 Miliar Won

9. Vincenzo

Drama yang mengusung genre komedi aksi yang gelap ini diperankan bintang top Hallyu Song Joong Ki, yang merupakan salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di industri perfilman Hallyu. Meskipun drama tersebut tidak dapat syuting di luar negeri karena pandemi Covid-19, Vincenzo menghabiskan lebih banyak biaya untuk CGI dan efek khusus yang menggambarkan kekejaman Vincenzo.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 20 Miliar Won

10. Hotel Del Luna

Semua pakaian mewah dan glamour yang dikenakan IU dalam drakor Hotel Del Luna sudah jelas mahal harganya. Serial dengan tema fantasi juga harus memasukkan beberapa elemen fantasi dan efek khusus serta desain set yang berbeda. Belum lagi bintang tamu yang masuk dalam jajaran selebriti ternama di Korea Selatan, salah satunya bintang drakor termahal Kim Soo Hyun, tentunya membuat tim produksi harus merogoh kocek dalam – dalam untuk menunjang keberhasilan drama sebanyak 16 episode tersebut.

Perkiraan keseluruhan biaya produksi: 20 Miliar Won

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here